Windows 7 digunakan lebih banyak dibandingkan Windows XP

Windows 7 akan merayakan ulangtahunnya yang kedua bulan Juli 2011, dan ada kabar gembira untuk Windows 7 karena akhirnya Windows 7 telah melewati Windows XP dalam hal pemakaian dengan selisih 0,15% (Data diambil dari Stat Counter untuk bulan April 2011 di negara Amerika Serikat.).

Trend terkini menunjukan bahwa pengguna Windows XP telah mengupgrade OS-nya ke Windows 7.
Yang membuat untuk pertama kalinya Windows 7 memegang market share lebih besar dari pendahulunya (Windows XP) dan dipakai oleh 31,71% pengguna.

Dengan market share 31,56%, Windows XP tidak terlalu jauh tertinggal, namun harus kita akui seiring dengan berjalannya waktu, XP akan secara perlahan-lahan terus tertinggal dari Windows 7. Windows Vista berada di urutan ke tiga, diikuti MAC OS X, yang dipilih 14,87%

Distribusi pemakaian Windows, Machintosh dan Linux

Dengan market share hanya 0,7 %, Linux yang baru-baru ini menginjak umur ke 20, terlihat seperti akan “punah” di dunia yang didominasi Microsoft dan Apple. Hal ini makin menunjukkan fakta bahwa konsumen lebih memilih menggunakan OS yang user-friendly dan mudah digunakan, walaupun harus membayar dengan harga yang mahal.

Sukses yang didapat oleh Microsoft dengan Windows 7 tidak terlepas dari dirilisnya Service Pack 1 belum lama ini. Update ini di-impertasikan oleh pengguna sebagai tanda bahwa Windows 7 merupakan sistem operasi yang stabil.

Tapi data diatas hanya berdasarkan pengguna kompuuter di negara Amerika Serikat, karena sampai saat ini untuk Indonesia maupun secara Global Windows XP masih tetap menempati peringkat pertama.

Grafik distribusi OS di IndonesiaGrafik distribusi OS secara global

Tapi untuk berapa lama, itu pertanyaan yg harus ditunggu jawabannya. (Sumber: http://gs.statcounter.com)