Home > Berita Teknologi > Wikipedia mengumpulkan donasi US$ 20 juta dari para pembacanya

Wikipedia mengumpulkan donasi US$ 20 juta dari para pembacanya

Logo WikipediaBila pembaca sering mencari informasi dari situs Wikipedia pasti mengetahui bahwa baru-baru ini mereka telah melakukan penggalangan dana untuk kelangsungan situs tersebut.

Dan kini melalui blog postnya, Wikimedia Foundation (organisasi dibalik Wikipedia) mengumumkan bahwa mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 20 juta (sekitar Rp 181 milyar) yang didapat dari para donatur yang jumlahnya sekitar 1 juta orang.

Jumlah donatur tersebut ternyata meningkat 10x lipat dari jumlah orang yang melakukan donasi di tahun 2008 dan dari segi jumlah dana yang dikumpulkan juga meningkat tajam dari yang sebelumnya ‘hanya’ US$ 4,5 juta.

Hasil penggalangan dana tersebut akan digunakan oleh Wikimedia Foundation untuk membeli dan menginstall server & hardware, penambahan fitur situs, mobile service, biaya perlindungan legal, gaji karyawan tetap sebanyak 80 orang, dan juga untuk mensupport komunitas relawan Wikimedia.

Mengingat situs Wikipedia diakses lebih dari 470 juta orang setiap bulannya, bukanlah hal yang sulit mendapatkan dana melebihi 20 juta dollar bila mereka mau memasang iklan di setiap halamannya.

Tapi karena pendiri dan pengurus Wikipedia berprinsip bahwa situs mereka harus independent dan tidak ternodai iklan, maka menolak memasang iklan. Suatu langkah yang berani dan penulis Info Teknologi hormati.