Website konten original akan sering muncul di SERP Google
Home > Internet > Website berkonten original akan lebih sering muncul di SERP Google

Website berkonten original akan lebih sering muncul di SERP Google

Google meningkatkan algoritma pencariannya yang akan meningkatkan SERP dari website berkonten original dan juga menghukum domain yang di-park.

Google SERPDikutip Info Teknologi dari Inside Search, selama bulan November 2011 ternyata Google telah melakukan beberapa peningkatan dan perubahan signifikan di algoritma pencariannya yang membuat beberapa website mengalami kenaikan maupun penurunan SERP (Search Engine Result Page).

Jadi bila anda bertanya-tanya kenapa posisi website anda di SERP Google telah menurun jauh selama bulan ini padahal “update Panda” telah lewat, maka bisa saja website anda terpengaruh oleh update algoritma yang dilakukan Google.

Berikut update algoritma yang dilakukan Google semenjak 14 November 2011:

1. Konten original memiliki SERP lebih baik:

Google mengklaim telah menambahkan beberapa kode yang akan membuatnya lebih tepat dalam memprediksi konten mana yang original bila ditemukan 2 atau lebih situs dengan konten yang sama. Berita baik bagi para webmaster yang situsnya sering dicopas oleh scaper.

2. Hasil pencarian Query yg tepat:

Pencarian dengan keyword tertentu akan lebih efektif. Jadi bila anda mencari dengan keyword “info teknologi terbaru” maka website yang hanya memuat “info teknologi” saja nantinya akan memiliki posisi SERP yang lebih rendah.

3. Pengindeksan lebih lengkap:

Perubahan ini membuat halaman yang memiliki content besar (baca: teks banyak) dapat terindeks, sehingga membuatnya tampil lebih sering dan memiliki ranking lebih baik bila dicari dengan query yang terkait.

4. Domain yang di-park akan dihukum:

Algoritma baru yang akan mendeteksi domain/situs yang di-park. Biasanya “parked domain” tidak memiliki konten berguna dan berisi iklan. Dengan perubahan algoritma ini Google akan membatasi domain yang dipark untuk muncul di SERP.

5. Prediksi autocomplete:

Autocomplete telah ditingkatkan supaya bisa memprediksi apa yang user cari serta diklaim lebih flexibel sehingga tidak melenceng dari apa yang user cari.

6. Hasil “Blog Search” yang lebih lengkap dan fresh:

Google melakukan perubahan di Index pencarian blog untuk mencakup konten yang terbaru dan terlengkap.

7. Image result freshness:

Image search atau pencarian gambar akan lebih meranking lebih tinggi gambar yang fresh atau baru.

8. Satu domain / website tidak akan memenuhi SERP:

Google tidak akan menampilkan banyak hasil dari nama domain yang sama dari suatu query pencarian. Ini memungkinkan situs lain dapat muncul dalam SERP yang sama.

9.Tampilan Search yg lebih baik di Tablet (perubahan warna & layout) serta dapat menampilkan jadwal dan hasil pertandingan dari liga MLS dan Liga Canada.

Google rencananya akan terus melaporkan perubahan algoritma yang mereka lakukan lewat blog inside search untuk alasan tranparansi dan juga membantu para webmaster terus meningkatkan websitenya.

Satu komentar

  1. Konten original memang suatu keharusan yang harus disajikan. Konten harus memenuhi kebutuhan pengguna Google bila ingin memiliki SERP’s tinggi.