Tips memilih Nama Domain
Home > Internet > Tips memilih nama domain

Tips memilih nama domain

Cara menentukan nama domain yang baik dan tepat

Memilih nama domain yang bagus dan tepat untuk website / blog tidak bisa dianggap hal sepele karena nama domain akan menentukan identitas website, konten, dan dapat juga sebagai pendongkrak SEO.

Berikut Tip memilih nama domain yang baik:

Nama domain mewakili isi website & mudah diingat

Bila website mengulas teknologi, sama seperti website ini maka anda bisa memakai keyword sebagai nama domain. Nama domain juga sebaiknnya jangan terlalu panjang, pilih dua suku kata supaya mudah diingat (maksimum 3 kata) dan jangan menggunakan karakter seperti dash, hypen (-), ataupun underscore (_).

nama domain

Pilih nama domain .com

Secara sadar saat orang saat mendengar nama website akan selalu tertuju pada domain .com dan ini tidak bisa dirubah, jadi sebaiknya hindari domain dengan akhiran lain seperti .web.id atau .info atau domain lain yang tidak terkenal. (alternatif lain gunakan .net)

Jangan memakai nama domain untuk negara tertentu (co.id, co.uk, co.in, .co.jp, dll)

Hindari memilih nama domain yang ditujukan untuk negara tertentu seperti co.id ataupun co.uk, karena Google secara otomatis akan melisting website anda khusus untuk negara tersebut. Hal ini harus dihindari bila website yang dibuat ditujukan untuk pembaca global (atau ingin mentarget pembaca website untuk negara lain).

Hindari menggunakan nama domain yang sudah dipakai

Bila sudah ada website yang menggunakan nama misal infoteknologi.com, sebaiknya hindari pemakaian nama dengan domain yang berbeda, misalkan dengan .web.id, co.id, .info, dll. Karena menggunakan nama yang sama lebih memberi kerugian daripada keuntungan bagi anda, karena kemungkinan besar website kalah bersaing, dicap plagiat, pembaca menyasar ke website tersebut, dll.

Jangan menggunakan nama domain perusahaan / merek

Meskipun dalam membeli nama domain tidak ada larangan untuk memakai nama dagang perusahaan / merek lain, tapi sebaiknya hal ini dicegah, karena bila isi website anda dinilai tidak berkualitas, mencemarkan nama baik, ataupun membuat kebingungan dengan merk dagang tersebut, maka nama domain anda bisa diambil secara paksa oleh perusahaan yang bersangkutan.

Jangan gunakan nama domain gratis

Nama domain gratis akan membuat orang menganggap remeh isi website ataupun layanan, jasa, produk yang ditawarkan. Orang akan menilai anda tidak memiliki modal dan tidak bonafit.

Setelah menentukan nama domain, yang perlu anda lakukan adalah memilih web hosting yang berkualitas memilih serta domain name register yang dapat dipercaya. Jangan memilih perusahaan yang belum lama berdiri untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.