Kronologi Facebook / Timeline desain terbaru profil FB
Home > Internet > Kronologi Facebook / Timeline desain terbaru Profil Facebook resmi dirilis

Kronologi Facebook / Timeline desain terbaru Profil Facebook resmi dirilis

Bulan September 2011 di ajang F5 Facebook telah menjanjikan fitur Timeline akan hadir dalam beberapa minggu setelah acara digelar. (Saat itu Info Teknologi sudah men-share cara mengaktifkan kronologi Facebook dengan cara membuat Apss)

Dan meskipun waktu rilis “Timeline” atau “Kronologi” telah molor sampai 3 bulan, kini Facebook melalui blognya mengumumkan kehadiran Timeline yang dapat langsung digunakan oleh semua pengguna FB.

Bagi yang masih asing dengan fitur ini, tampilan profile Timeline akan menampilkan semua cerita terbaru seseorang dalam bentuk grid (pengotakan), dan ketika terus mundur kebelakang (scroll kebawah) maka kisah hidup seseorang akan di-summarize menampilkan konten yang penting / utama saja.

Intinya semakin jauh kita melihat kebelakang, semakin sedikit yang dapat dilihat, karena Timeline hanya menampilkan moment utama dari seseorang.

timeline atau kronologis dirilis diseluruh dunia

Secara bertahap Facebook memberi pilihan untuk berganti tampilan Timeline ke seluruh user melalui notifikasi di homepage Facebook. Kunjungi http://www.facebook.com/about/timeline bila belum mendapatkannya   kemudian pilih “Get Timeline” atau “Dapatkan Kronologi”.

Tampilan “Facebook Timeline” selain dapat diakses melalui web browser dapat juga dilihat dari Android ataupun dari situs mobile m.facebook.com.

Note:

1. Bila anda telah mengaktifkan kronologi namun ada beberapa elemen yang tidak muncul seperti update status, tampilan yang berantakan, like yang tidak terlihat dan lain-lain, 95% penyebabnya adalah karena anda menggunakan web browser versi lama. Saya sarankan anda mengupdate / menggunakan browser generasi baru seperti Chrome, Firefox, Safari atau IE8/IE9.

2. Untuk menghapus ataupun menonaktifkan profile kronologi / timeline di Facebook sampai saat ini caranya tidak ada, karena pada akhirnya Facebook akan memaksa semua user menggunakan profile kronologi.

3. Untuk me-nonaktifkan kronologi / timeline bisa membaca artikel Cara mengembalikan profil kronologi menjadi tampilan profile FB lama

24 komentar

  1. gan…
    ane kemaren kan update status, tapi kenapa ya stiap status yg ane bkin g’ pernah muncul di kronologi ane…
    bantuannya donk gan…
    kasih solusi

    • Buka profil kronologi, Pilih “Activity Log / Log Aktifitas” kemudian cari status anda yang hilang, klik tombol disebelah kanannya, dan pilih tulisan “Allowed on Timeline” / “Diizinkan di Garis Waktu”.

  2. saya ingin kembali k tampilan fb klasik (lama) tp saya tidak bisa krn saya tlh resmi menyetujui penggantian kronologi.. bisakah dbantu ?plz makasih. :)

  3. saya mau tanya ge mna meng nonaktifkan kronologi
    saya pngen kembali kaplikasi FB yang sebelumnya..
    apakah bisa ??????????
    g mna caranya ???

  4. saya mau tanya ge mna meng nonaktifkan kronologi
    saya pngen kembali kaplikasi FB yang sebelumnya..
    apakah bisa ??????????

  5. Ninik_setyowardani

    saya pernah coba untuk menyembunyilkan status dari kronologis di fb timeline ku, kemudian saya mencoba untuk memunculkan kembali ternyata tidak bisa. Bagaimana caranya yah….?

    • Lihat di Activity Log pada profile anda, kemudian munculkan lagi dengan mengklik ikon disebelah kanan post.

  6. Di layar profil atau timeline masuk ke Activity Log (Log Aktivitas), kemudian pilih ikon di sebelah kanan posting untuk memunculkan post yang telah disembunyikan.

  7. sebenernya g bgitu masalah dg tampilan timeline,g bingung juga, keren, tapi MASALAH BESARNYA adalah..ada status2 aku yang ku updet dulu2 ga bisa kulihat lagi,,,jadi statusnya ngilang gtu,,gmn ya carany nyari status yang “ilang” itu?? help me please..

    • Untuk melihat posting foto, video, atau status update yang lama atau tidak terlihat di kronologi bisa klik tombol Activity Log (Log Aktivitas) yang posisinya tepat di bawah cover foto.

  8. klau menurut saya, tampilan kronologi ini sedikit rumit loh . seharusny facebook sendiri harus bisa mengantisipasi. sbnrny ini inovasi yg bagus, tapi harus diseimbangkan juga dong dgn yg mnggunakan fb . seharusny gampang,malah jadi rumit . . sya ngomong gne,krna sy udh pke kronologi,,dan saya nyesal.. mksh .

  9. Gan waktu itu ane udah dapet facebook timeline, stlah itu sama ane ga di terbitkan , stlah 7 hari tu kan di aktifkan otomatis . nah setelah timeline aktif ko facebook ane jadi ga bisa update status , kirim pesan ke dinding teman n grup .
    sementara Fb yang lain , yang setelah mendapatkan timeline trus langsung di terbitkan itu ga kenapa2 gan ..
    tau ngga gan itu cara benerinnya ..

    thnks

  10. Kalau dari pengalaman sebelumnya sepertinya tidak akan berpengaruh (dulu juga pernah terjadi perubahan desain profil), walaupun anda sampai membuat gerakan facebooker menolak tampilan timeline.:p

  11. dimas.dolopo.madiun

    fitur kronologi banyak yang tidak suka…masalahnya tidak lengkap..di fb saya saya mencatat dalam catatan draf saya..sekarang pakai fitur kronologi,,catatan gak muncul padahal itu penting…klo membuat fitur yang setandat yang lengkap..jangan menyusahkan kayak gtu…kok gak bisa kembali semula itu fitur apa namanya..fb yang ada kronologinya membosankan….gak bisa di pelajari emangnya fb cuma buat satu orang teman ..banyak teman..bukan pribadi tampilan nnyalengkap.membing

  12. kronologi tidak lengkap…fitur fb udah mendunia tampilane kok kaya masih anak kecil ada kronologinya.kelemahan kronologi viturnya tidak lengkap…saya menulis catatan dalam draf facebook saya..klo pakai kronologi tulisan catatan tidak muncul.tolong dari pihak facebok menghentikan kronologi,,,dimohon bisa mengembalikan ke fb yang lama

  13. knp koment yg ada di kronologiku tdk kelihatan yah??
    bikin pusing aja.. ada gak caranya munculin koment itu???

  14. menggunakan kronologi kok malah makin ribet ya ?? mau lihat profil kita dengan lengkap malah ga bisa. ga asyik lah !! cara menghapus kronologi kayak mna y??
    aku pengen akun profilku yang lama . kalau yang sekarang buat aku ga betah dgn fb..

  15. Pendapat orang memang beda-beda apalagi Timeline / Kronologi ini adalah sesuatu yg baru, dan banyak orang masih terbiasa dengan tampilan lama yang statis. Kalau menurut saya pribadi sih bagus.

  16. keren seh…….tapi kenapa yach d tampilan lama sy kunci akun sy (yg bukan berteman dengan sy gak boleh liat ).pas sy pake kronologi….eh….yg bukan teman sy pun bisa liat….g mana carax mengunci akun…..??

  17. brulang kali saya coba , kenapa tdk biza mendapatkan penampilan kronologi ituu ,,,
    di situ byasanya ada 4 pilihan :
    1.sampul
    2.berita
    3.aplikasi
    4.dapatkan kronologi …
    tapi kenapa yang dapatkan kronologi tuu tdk muncul pada fb saya …
    kenapa ???

  18. bagaimana kalau suatu saat pengen kembali ke tampilan FB standar? karena hal yang telah disebutkan ini ===> Intinya semakin jauh kita melihat kebelakang, semakin sedikit yang dapat dilihat, karena Timeline hanya menampilkan moment utama dari seseorang.

    adakah caranya bila ingin kembali?

    • Seiing berjalannya waktu, semua profile user di Facebook akan berubah menjadi desain Timeline, jadi desain profile lama perlahan-lahan akan dihilangkan dan user tidak bisa kembali ke tampilan profile yg lama.

      • kakak kalow bisa deretan profilnya jangan zig zag,d karenakan banyak pengguna fb yang suka namannya ngeLIKE,jika zig zag gitu sangat susah sekali kayaknya
        soalnya saya sering sekali baca status yang udah lama,dan sebelah kirinya jarang yang saya baca

        tapi kronologi bagusss kok,tapi coba jangan zig zag
        ane pusing