Apple mematenkan "Slide to Unlock", kini semua Android melanggar paten
Home > Berita Teknologi > Semua Android melanggar hak paten, setelah Apple mendapatkan paten Slide to Unlock

Semua Android melanggar hak paten, setelah Apple mendapatkan paten Slide to Unlock

Apple telah mendapatkan hak paten untuk Slide to Unlock yang saat ini dipakai di iOS dan di semua tablet & handphone Android.

Dikutip Info Teknologi dari 9to5mac, badan yang berwenang mengeluarkan paten di Amerika Serikat atau The United States Patent & Trademark Office telah menyetujui permohonan paten yang diajukan oleh Apple atas gestur Slide to Unlock (yang populer untuk membuka kunci layar hp) dengan nomor paten 8,046,721.

Slide to unlock pertama kali diperkenalkan Apple pada Januari 2007 saat peluncuran handphone iPhone perdana, yang sengaja dibuat supaya saat iPhone dimasukkan ke dalam kantong, layar iPhone tidak terpencet secara tidak sengaja.

Slide to unlock

Pimpinan iOS, Scott Forstall diklaim sebagai orang yang menemukan Slide to Unlock, dengan peran serta dari enginer lain seperti Imran Chaudhri, Bas Ording, Freddy Allen Anzures, Marcel Van Os, Stephen O. Lemay and Greg Christie.

Tapi anehnya, Apple bukanlah yang pertama kali menggunakan gestur “Slide to Unlock”, karena handphone bernama “Neonode N1M” (thn 2004) sudah lebih dahulu menggunakannya jauh sebelum iPhone dirilis tahun 2007 ataupun bahkan saat Apple pertama kali mencoba mematenkan gestur Slide to Unlock pada Desember 2005. (lihat video review Neonode N1M dibawah, khususnya dimenit ke 4)

Berita ini menjadi pukulan baru bagi Google dan khususnya OS Android yang memakai gestur slide-to-unlock disemua devicenya. Entah bagaimana jadinya bila Apple bertindak agresif dan kemudian menuntut semua vendor Android untuk meminta lisensi atau bahkan memblok peredaran Android.

3 komentar

  1. Android is plagiat

    Bagaimanapun juga tanpa Steve jobs dan iOS android tak akan tercipta, BRAVO APPLE !!!!!!!!

  2. hahahaaa setelah ngotot serang desain samsul skrg cari celah dri android.. tggl tgu ajal aja apple ,tnp kepala .. msih sanggup kah??

  3. ios sdh merasa terancam existesinya..makanya kelabakan dgn gebrakan os android yg lebih merakyat en kaya inovasi