Scott Thompson dipecat dari jabatan CEO Yahoo
Home > Berita Teknologi > Scott Thompson dipecat dari jabatan CEO Yahoo dan digantikan Ross Levinsohn

Scott Thompson dipecat dari jabatan CEO Yahoo dan digantikan Ross Levinsohn

Scott Thompson hari ini dipecat dari jabatan CEO Yahoo menyusul skandal pemalsuan gelar sarjana.

Yahoo hari ini mengumumkan bahwa posisi CEO Yahoo yang sebelumnya dijabat oleh Scott Thompson telah digantikan oleh Ross Levinsohn (pejabat interim). Selain itu Yahoo juga menunjuk Fred Amoroso sebagai pemimpin direksi (Chairman of the Board of Directors).

Beberapa kebijakan Scott Thompson selama 4 bulan menjabat sebagai CEO memang terbilang tidak populer, ia telah menutup beberapa program & divisi Yahoo, memecat ribuan karyawan, dan juga menuntut Facebook atas pelanggaran hak paten.

Dan meski alasan pencopotan Scott Thompson tidak disebutkan sama sekali dalam press release, tetapi besar kemungkinan alasan pemecatannya bukan disebabkan kebijakan yang telah ia buat, tetapi  lebih dikarenakan terkuaknya skandal pemalsuan gelar Sarjana dalam CV-nya (curriculum vitae).

Scott ThompsonRoss Levinsohn

Saat Scott Thompson menggantikan Carol Bartz pada bulan Januari 2012; ia mengaku sebagai lulusan Stonehill College dengan gelar sarjana Komputer Sains, padahal sebenarnya ia adalah seorang sarjana Akuntansi. Pemalsuan ini ternyata sudah terjadi semenjak ia menjabat sebagai CEO PayPal.

Sementara CEO Yahoo yang baru, Ross Levinsohn adalah seorang lulusan sarjana komunikasi yang telah bekerja di Yahoo sejak 2010 dan menjabat sebagai Head of Global Media. Sebelumnya bekerja di Yahoo ia pernah menjabat sebagai president dari News Corp, dan juga mengisi posisi penting di CBS, AltaVista, CBS, HBO, dll.

Menarik untuk ditunggu apakah ia dapat mengangkat kembali Yahoo sebagai raksasa internet setelah para pendahulunya telah gagal dalam menjalankan tugasnya.