Review Opera 11 Final
Home > Software > Review Opera 11 Final

Review Opera 11 Final

Tanggal 23 November Opera mengumumkan Versi Terbaru dari browser mereka yaitu Opera 11. Beberapa fitur baru dikenalkan di versi Opera 11 ini diantaranya:
1. Presto 2.7 rendering engine (Improvement pada CSS3, HTML5, dan Support WebSockets)
2. Search Prediction, fitur pada mesin pencarian google akan terintegrasi pada tab search di Opera
3. Perbaikan dan peningkatan pada engine Carakan Javascript
4. Tab Stacking, fitur pengelompokan beberapa tab menjadi satu.
5. Visual Mouse Gesture
6. Fitur Address Field, yang memungkinkan status dari website yang dikunjungi (mirip pada Google Chrome ataupun Firefox)
7. Beberapa peningkatan fitur yang sudah ada dan perbaikan bug

Saat saya mencobanya hampir tidak ada perubahan yang terasa saat saya menggunakan versi sebelumnya Opera 10.63, yang membedakannya hanyalah fitur Tab Stacking yang memungkinkan tab digroupkan dalam satu kelompok, yang akan membuat ruang tab di layar Opera lebih rapi, ini cukup berguna bagi yang sering membuka halaman tab web sampai belasan.

Selain itu fitur minor lainnya yang ditawarkan adalah Visual Mouse Gesture, penggunaannya dengan mengklik kanan tombol mouse anda lalu mendrag kebawah, maka akan muncul gambar yang menjelaskan cara menjalankan shortcut seperti next, previous, stop, atau open in new tab.

Saat kita menginstall, secara default Opera 11 Final ini akan menimpa versi yang sudah ada, jadi tidak seperti versi beta sebelumnya yang mengijinkan kita untuk memiliki versi stable dan versi beta secara berdampingan.

Selain itu kita juga bisa menginstall di Flashdisk sehingga dapat digunakan di komputer lain (portable) dengan cara memilih option saat instalasi berlangsung dan memilih Standalone Installation (USB).

Kesimpulan saya Opera 11 Final  ini tidak menawarkan sesuatu yang signifikan selain dari Tab Stacking dan saya merekomendasikan anda untuk tetap pada versi Opera sebelumnya sampai versi finalnya diluncurkan, karena kemungkinan akan terdapat bug yang menggangu pada versi beta ini. Bila berminat untuk mencoba fitur Tab Stacking anda bisa mendownloadnya di http://www.opera.com/browser/