Review Mozilla Firefox 4 Beta
Home > Software > Review Mozilla Firefox 4 Beta

Review Mozilla Firefox 4 Beta

Update: Mozilla Firefox 4 versi Final telah resmi dirilis silahkan baca artikel Mozilla Firefox 4 Final untuk fitur dan ulasannya.

Mozilla Firefox 4 Beta Release 1 sudah diluncurkan tanggal 6 Juli yang lalu dan sudah saya download, sebelum saya sempat mencobanya ternyata hari ini (28 Juli 2010) sudah keluar Beta Release 2 dari Firefox 4.

Akhirnya saya memutuskan untuk kembali mendownload ulang Firefox 4 dan kemudian setelah mencobanya  beberapa waktu saya akan mereviewnya disini, untuk memberikan gambaran mengenai fitur-fitur apa saja yang ditambahkan, kekurangan / bug, serta performa dari browser terbaru dari Mozilla ini.

Beberapa fitur baru yang ada di Firefox 4 ini merujuk dari website resmi:

  • Penggunaan Java Script Engine yang baru yaitu JägerMonkey
  • HTML5 (Support WebM untuk pemutar film High Definition)
  • Dukungan CSS3 yang lebih lengkap (Transitions, Rezising, Calc, -moz-any())
  • Accelerated hardware support dan Layered Page Rendering
  • XPCOM module yang membuat proses Startup lebih cepat
  • WebConsole
  • IndexDB
  • Fitur WebScocket dan Form Data

Proses instalasi sangat mudah, dan anda tidak perlu khawatir karena instalasi versi beta ini tidak akan menimpa versi Firefox 3.6 yang sudah terinstall di komputer anda.

Installing Firefox 4 Beta

Saat pertama kali masuk ke Firefox 4, tema (persona) yang saya gunakan adalah versi 3.6 sehingga ada beberapa elemen dari window yang hilang, mencoba semua tema Firefox 3.6 yang terinstall di komputer saya membuat tombol Minimize, Restore, dan Close hilang dari pojok kanan atas, sehingga memaksa saya merubah tampilan ke tema Standard Firefox.

Firefox 4 Beta 2

Dan untuk Addons, saya tidak bisa menggunakan addon yang sebelumnya telah berjalan baik di FireFox 3.6.

Firefox 4 Extensions

Mengenai tampilan Versi Beta ini saya juga agak kecewa, karena sepertinya Firefox telah meniru tampilan tab yang ada di Google Chrome dan juga Teks Firefox di kiri atas yang sama seperti di Browser Opera. (meskipun itu tidak salah)

Firefox 4 Main Page

Beberapa perubahan kecil terlihat seperti tampilan Addon manager yang baru dan tampilan default Toolbar on Top, sementara dari segi kecepatan dan flexsibilitas sepertinya tidak berbeda dengan versi sebelumnya. Secara keseluruhan versi beta ini masih jauh dari sempurna, karena menurut saya sebuah browser tidak akan mencapai hasil yang memuaskan tanpa ada tambahan addons yang memadai.

Namun seiring berjalannya waktu Firefox 4 akan didukung dengan programmer yang membuat addon di Firefox 3.6 dan tentunya akan lebih baik, sampai saat itu tiba sebaiknya bagi pengguna yang tidak mau pusing  sebaiknya tetap menggunakan versi 3.6 Bagi anda yang ingin mencobanya bisa mendownload di situs resmi Mozilla Firefox

2 komentar

  1. Arif El-Syironjie

    Wah bang keren, makasih bang infonya…
    btw, itu related post-nya pake puggin apa?