Home > Internet > IE 9 Final Review

IE 9 Final Review

Microsoft telah resmi merilis IE 9 versi final pada tanggal 15 Maret 2011.

Banyak hal yang dijanjikan pada situs microsoft mengenai versi final ini, mengenai benar tidaknya harus kita uji terlebih dahulu.

Kebetulan saya sudah mendownload dan mencoba semenjak versi beta pertama kali dirilis sampai sekarang akhirnya keluar versi IE 9 final.

Berikut adalah review dari IE 9 Final :

Hal pertama yang saya lihat dari tampilan lebih sederhana, bersih hampir menyerupai Google Chrome tidak ada icon-icon yang bertebaran di layar browser. Saat membuka IE; user akan ditawarkan untuk memeriksa Addon yang berjalan, beserta waktu yang dibutuhkan addon tersebut untuk meload ke Internet Explorer.

IE9 New Page
Tampilan Layar IE 9 saat membuka Website

Untuk masalah performa, harus saya akui IE 9 jauh lebih cepat dalam meload suatu halaman dibandingkan dengan IE 8. Tapi bila dibandingkan dengan Safari, Chrome ataupun Firefox kecepatannya hampir sama.

Pengaturan Gpu di IE9
GPU setting di Internet Options IE 9

Terdapat pilihan baru pada Internet Options, di Tab Advanced yaitu Accelarated Graphics (Use Software rendering instead of GPU rendering) fungsinya untuk menggunakan tenaga dari graphic card komputer untuk memproses file flash, video, ataupun animasi. Walaupun saat saya mencobanya untuk menonton video Youtube, ataupun mengakses situs flash dengan opsi tercentang maupun tidak, performanya tidak berbeda / terasa.

Pengaturan Keamanan Tracking di IE 9
Fitur Tracking Protection

Selain itu ada fitur Tracking Protection yang berfungsi untuk mencegah pengiklan di internet untuk mengetahui aktifitas kita dalam berinternet menggunakan fitur internet header.

Setting Active X Filter di IE9
Fitur Active X Filter

Kemudian ada juga fitur Active X filter untuk memblok semua Active X dan user dapat secara manual mengaktifkannya berdasarkan situs yang dikunjungi.

Internet Explorer 9 sudah mendukung format HTML5, Geolocation, HTML5 semantic tags, CSS3 2D transforms, dan support untuk WebM video codec.

Secara keseluruhan Internet Explorer 9 ini bisa dibilang merupakan browser terbaik yang pernah diciptakan oleh Microsoft, baik dari segi desain, keamanan, dan juga fungsionalitas. Bagi para pengguna yang sudah terbiasa menggunakan Internet explorer 7 dan 8 disarankan segera mengupgrade ke versi terbaru ini, sedangkan bagi pengguna browser lain seperti Opera, Firefox atau Chrome bisa mencoba install browser keluaran Microsoft ini untuk membandingkan dengan browser anda saat ini.

Yang perlu diingat sistem minimum untuk menginstall IE 9 ini adalah Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2008 (32 bit & 64 bit) jadi bagi para pengguna Windows XP siap-2 gigit jari.

Silahkan download IE 9 di situs resminya Beauty of the Web