Ubuntu 12.04 Precise Pangolin LTS (Fitur dan Review)
Home > Ubuntu > Ubuntu 12.04 Precise Pangolin LTS dirilis (Fitur & Review)

Ubuntu 12.04 Precise Pangolin LTS dirilis (Fitur & Review)

Ubuntu Precise Pangolin 12.04 hari ini resmi dirilis yang merupakan versi LTS (Long Term Support).

Ubuntu 12.04 ialah versi LTS (Long Term Support) yang tersedia untuk desktop dan server (x86, x64, dan ARM) dengan waktu support lebih lama, dimana mulai versi LTS 12.04 masa supportnya akan diperpanjang dari yang sebelumnya 3 tahun menjadi 5 tahun. Versi 12.04 juga menjadi rilis terakhir dari Kubuntu yang developmentnya telah dihentikan.

Versi terbaru Linux Ubuntu membawa beberapa fitur seperti software applikasi yg lebih update, perubahan user interface, dan juga perubahan applikasi default yang digunakan.

Dari sisi User Interface, versi ini akan tetap menggunakan Unity yg sebelumnya sudah dipakai di 2 versi sebelumnya. Ada 2 fitur Unity yang ditambahkan yaitu Head-Up Display dan Video Lens.

  • Head-Up Display (HUD) adalah fitur yang akan menampilkan menu applikasi melalui sistem Search. Saat ketika HUD aktif dan user mulai mengetik maka akan tampil suggestion / saran utk menu yang dicari, dimana user dapat memilih menu dari tampilan dropdown.

Ubuntu Head-up Display

  • Video Lens dibuat untuk memudahkan user menemukan video yang ingin mereka tonton baik yang berada di komputer, YouTube, maupun di lokasi lain.

Review Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

Semetara dari sisi software; LibreOffice terbaru tetap disertakan menjadi applikasi Office default, ada jg perubahan media player default dari Banshee menjadi Rhythmbox yang sebelumnya pernah dipakai pada versi 11.04 kebawah.

Terdapat juga peningkatan / tambahan fitur lain seperti solusi desktop virtual (Desktop Virtualization) yg men-support Citrix, VMware & Microsoft RDP 7.1, update Ubuntu Software Centre, serta support hardware yg lebih baik utk trackpad.

Review Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

Secara garis besar hanya fitur Unity yaitu HUD dan Video Lens saja yang membedakannya dengan versi sebelumnya, dan penulis juga tau bahwa banyak user yang tidak suka dengan interface Unity (Note: baca Cara menonaktifkan Unity bagi yg tidak menyukainya).

Update ke Precise Pangolin tetap saya rekomendasikan agar mendapatkan versi software terbaru, memperbaiki bug, faktor keamanan dan support LTS lebih lama. Jika tertarik, pembaca Info Teknologi bisa download Ubuntu 12.04 dari situs www.ubuntu.com/download atau updgrade otomatis menggunakan Update Manager.