Co-founder Microsoft: Windows 8 elegan, inovatif dan membingungkan
Home > Berita Teknologi > Co-founder Microsoft: Windows 8 elegan, inovatif dan membingungkan

Co-founder Microsoft: Windows 8 elegan, inovatif dan membingungkan

Paul Allen mengatakan Windows 8 merupakan OS yang elegan, inovatif dan sekaligus membingungkan.

Paul Allen yang merupakan co-founder Microsoft telah memakai OS Windows 8 di PC dan tablet (Samsung 700T) selama beberapa bulan dan kemudian memberikan pendapatnya tentang Windows 8 di situsnya.

Secara keseluruhan Paul Allen sangat menyukai Windows 8 dengan menyebutnya sebagai “sebuah tonggak penting dalam evolusi pengembangan Windows” serta “berani dan inovatif”.

Dimana ia secara khusus memuji keberadaan 2 interface yang terintegrasi dalam Windows 8 yg dapat mensupport pemakaian di desktop dan tablet pc. Selait itu Ia juga menyebutkan bahwa Windows 8 terasa lebih cepat dan responsif dibandingkan dengan Windows 7.

Namun meski memuji produk perusahaan yang telah didirikannya bersama Bill Gates, ia juga bersikap kritis dan objektif dengan mengemukakan beberapa hal membingungkan di Windows 8.

Salah satunya adalah keberadaan applikasi yang hadir dalam 2 versi (metro & desktop version) dimana data-data tidak saling tersinkronisasi antara satu dengan yg lainnya, contohnya bookmark yg tersimpan di versi desktop Internet Explorer tidak akan muncul saat user memakai Internet Explorer di Metro.

Selain itu ada juga beberapa hal yang membuatnya bingung / tidak puas akan Windows 8, diantaranya adalah:

  • Kesulitan dalam pemakaian multiple monitor (lebih dari satu monitor)
  • Tidak ada pilihan untuk men-set tampilan default (Metro dan Desktop)
  • Saat berada di desktop mode, tampilan dapat berpindah ke metro bila user membuka file tertentu atau menutup applikasi.
  • Shortcut applikasi di Metro tidak bisa di-group, hal ini membuat user yang memiliki banyak applikasi harus menscroll berulang-ulang utk menemukan applikasi yg dicari.
  • Tidak ada informasi waktu/jam, untuk melihat jam di Windows 8; user harus membuka charms bar atau menginstall applikasi jam.
  • On-screen keyboard tidak tampil secara otomatis saat berada di mode Desktop (tablet PC)

Namun Paul Allen yakin bahwa Microsoft akan dapat memperbaiki semua hal tersebut pada saat Windows 8 dirilis 28 Oktober 2012 (Paul Allern memakai Windows 8 Preview Release). Dan bilapun tidak, ia yakin perusahaan software 3rd party akan menyediakan fix / hack untuk “memperbaiki” (contohnya: setting default mode saat startup, applikasi jam dan start button).