Optimasi SEO Blogspot sekarang lebih mudah
Home > Internet > Optimasi SEO Blogspot sekarang lebih mudah

Optimasi SEO Blogspot sekarang lebih mudah

Salah satu alasan mengapa banyak pemilik blog enggan memakai blogspot dan lebih memilih wordpress adalah dikarenakan sulitnya mengoptimasi SEO di platform Blogger.

Namun hal tersebut kini sedikit berubah karena Blogger telah menambahkan beberapa fitur yang sangat membantu webmaster dalam optimasi SEO Website. Dikutip Info Teknologi dari Buzz, berikut fitur SEO yang ditambahkan Google di Blogspot:

1. Search Description

Sebelumnya Blogger menentukan secara otomatis deskripsi suatu situs di search engine, namun kini tidak lagi, karena sekarang user bisa merubah deskripsi website untuk meningkatkan CTR (click-through-ratio) website mereka di Google.

blogspot meta tag description

Untuk mengaktifkannya, buka halaman Settings -> Search Preference lalu pilih Enable Search Description. Isi kotak tersebut dengan deskripsi utama website anda.

Sementara untuk mengubah deskripsi setiap post (artikel) dapat pembaca ganti di Post Settings > Search Description.

2. Custom Page Not Found & Redirects

Anda juga bisa memodifikasi halaman error 404 dengan mengubahnya dibagian Custom Page Not Found.

blogger 404 error page & redirrect

Custom Redirects tersedia untuk mengalihkan alamat URL ke alamat URL lain, namun sayang redirect hanya bisa ditambahkan secara internal saja dan tidak bisa ke alamat situs lain.

3. Custom robots.txt dan robots header tags

custom robot.txt

Masih dihalaman yg sama, visibilitas website dapat dirubah dengan men-setting custom robots.txt dan header tag (pastikan anda benar mengisinya, karena bila salah dapat membuat website anda tidak terlihat di search engine)

4. Image Properties

blogspot image alt properties

“Alt tag” dan Title kini bisa ditambahkan tanpa perlu mengetik secara manual di source html post, yg anda lakukan cukup meng-klik gambar, pilih properties lalu isikan kotak title text dan alt text.

5. rel=’nofollow’

Add rel nofollow

Untuk menambahkan tag nofollow pada suatu link (supaya search engine menghiraukan link tsb), cukup memilih Add ‘rel=nofollow’ attribute di pilihan Edit Link.