CEO Nokia - Stephen Elop: Apple yang membuat Android
Home > Berita Teknologi > CEO Nokia – Stephen Elop: Apple yang membuat Android

CEO Nokia – Stephen Elop: Apple yang membuat Android

Pada ajang Open Mobile Summit yang berlangsung di London hari ini, CEO Nokia Stephen Elop memaparkan alasan pemilihan Windows Phone 7 (WP7) di handphone Nokia ketimbang meneruskan Symbian dan MeeGo, ataupun bergabung dengan OS Android.

Symbian merupakan OS yang paling banyak digunakan di dunia dan sangat berperan dalam kesuksesan Nokia beberapa tahun kebelakang, tapi sekarang eranya telah berubah. Sementara tantangan yang dihadapi MeeGo adalah biaya yang dibutuhkan sangat besar untuk pengembangan maupun penetrasi pasar, dan kami tidak yakin MeeGo dapat cepat diterima oleh pasar.

Sementara untuk penolakan memakai OS Android di handphone Nokia berikut penuturan Stephen Elop :

Apple yang membuat Android, atau setidaknya Apple-lah yang membuat kondisi sehingga Android dapat tercipta. Orang-orang tidak ingin ikut dengan aturan yang dibuat Apple, dan mereka harus melakukan sesuatu yang lain. Saat Google maju dan mengembangkan Android — mereka (para vendor) pun turut serta ke dalam ‘kereta Android’

Dan jika kita menghitung baris kode yang ada di Android, kita akan memiliki perspektif berbeda mengenai seberapa terbukanya Android. Android memiliki banyak baris kode yang diambil dari source code software berbayar (proprietary)

Pernyataan Stephen Elop diatas sekaligus menyindir vendor Samsung dan HTC yang saat ini dituntut Apple karena diklaim melanggar paten.

Stephen Elop nokia ceo

Mengenai prospek ‘Windows Phone 7’ di handphone Nokia, Elop dengan yakin berujar “Windows Phone 7 lebih baik dari Android ataupun iPhone berdasarkan penilaian konsumen. Para vendor lain memberikan konsentrasi penuh ke Android, dan untuk Nokia konsentrasi kerja kami akan sepenuhnya ke Windows Phone.”

Perlu diingat untuk pembaca Info Teknologi, bahwa ini adalah pernyataan seorang CEO yang pernah bekerja untuk Microsoft sebagai Head of Business Division, dan kita bisa menganggap pernyataan Stephen Elop sebagai orang yang tahu benar kehandalan Windows Phone 7 atau bisa juga sebagai orang yang masih loyal terhadap Microsoft.

Menarik untuk ditunggu apakah langkah Nokia memakai WP7 akhirnya akan membangkitkan kembali pangsa pasar Nokia di handphone high-end, atau akan semakin membuat Nokia tertinggal jauh dari para kompetitornya.

28 komentar

  1. android lebih mantap dari semuanya karna berbasis linux atau free.. apel & bb hanya mau menjatuhkan.. kami kaum linux tetap pada android

  2. di pasaran nokia msh banyak penggemar karena Nokia lebih dulu keluar dan langsung banyak user yg cocok dgn nokia tp itu tdk akan berlangsung lama jika nokia dtk mengikuti atau membuat trend sendiri… mau pake w7 atau symbian nokia akan kalah bersaiang ini mengingatkan kita bagai mana tahta freinster dan myspace di rebut oleh facebook !!!

  3. nokia itu fleksible kok. gue rasa dia ga bakal ninggalin symbian semudah itu. nokia itu gue liat selalu menyesuaikan kebutuhan masyarakat, baik kalangan bawah maupun atas. kan ga mungkin kalangan bawah make windows 7, buat apaan coba.

  4. aku merasa beruntung dua kali lipat. Aku punya nokia symbian anna dan sebentar lagi aku juga bakal memiliki nokia windows phone, akhirnya kesampaian juga punya smartphone berbasis platform yang lebih familiar karena aku lebih suka windows dibandingkan platform lainnya. Jujur, iphone membosankan dan android setengah2. Lumia 800 mantap, aku dah liat review dan videonya.

    • eh, yang di atasku berdebat semua, ga usah ribut, semua orang punya kebutuhan yang berbeda, jadi wajar saja ada yang merasa lebih nyaman dengan merek ato platform tertentu. Bagi yang merasa lebih senang dengan iOS ato android silakan, tapi kasih lewat juga buat yang suka windows :)

    • buat ku android its oke banget, di bandingkan os symbian , apalagi windows phone, ujung2 nya sama dengan os windows yg dipakai di komputer bayak virus

  5. halah..aku heran sama(saudara-saudaraku) orang indonesia.janganlah saling serang,banding membanding.Kalo bisa coba pikirkan kita buat tekhnologi sendiri yang canggih,jangan maunya di injeck(import) terus sama negara luar,dari dulu kita dijajah,masa sampe sekarang ga sadar2 sih,,kita ini masih dijajah,,,lawong tinggal make kok repot,kalo punya duwit ya beli,,kalo ga punya duwit ya diem…pake yang standar aja.ga usah repot….

    • betul itu saya dukung, masa produk luar diagungkan, masih ada produk dalam negeri yang juga tidak kalah seperti Zyrex one pad. gue udah pake semua tapi akhirnya ada saja kekurangan, semua tergantung kebutuhan dan dana yang tersedia, daripada keliatan eksis tpi hasil nyolong ya podo wae…………

  6. tidak ada yg abadi di muka bumi ini, semua orang jg tahu itu. begitu pula dgn teknologi,, semua punya era nya masing”.
    symbian memang tak terkalahkan selama 1 dekade… pd zama itu ponsel smartphone sangat jarang dan symbian lah yg paling mudah dijangkau,, namun skrg era tlh berubah smartphone bak kacang goreng yg bisa dibeli oleh siapa pun!!!
    android pun suatu hari akan mengalami hal yg sama dengan symbian akan mengalami kemunduran,, yg pasti apapun os yg kita pakai bs dipergunakan sebaik”nya… semua os memang memiliki karakteristik tersendiri & masing” punya fans nya,, tdk bijak klo kita saling membedakannya

  7. teruntuk saudara Nico yg saya hormati, dari komentar anda di atas mengenai perbandingan windows 98 dan windows 7 :

    windows 98 dan windows 7 bisa diperbandingkan karena masih satu pabrik, tetapi symbian dan android tidak bisa diperbandingkan karena berbeda flatform.. yang saya bandingkan adalah hardware yg berpengaruh dengan keseluruhan performa handset.. semakin tinggi spec hardware semakin tinggi jg daya yang diperlukan,, bagaimana dengan baterainya, maukah anda sering mencarger handset anda, bagaimana kalau dalam perjalanan jauh..

    • Dengan segala hormat, anda memiliki banyak kesalahan di pendapat anda yg tidak didukung fakta.

      1. Lihat link Nokia Zeta yang saya kasih dan ada di situs ini, dengan spesifikasi tersebut Symbian Belle hanya akan bertahan +/- 1 hari. Sama persis dengan kebanyakan handphone Android, iOS ataupun BB.

      2. Setau saya umur baterai Symbian^3 seperti Nokia N8 (seorang teman penulis memilikinya) juga tidak istimewa, hanya bertahan satu hari dalam pemakaian normal… x_x. Dan spesifikasinya juga sangat istimewa, NFC, GPS, kamera12mpx, 3Dgraphic, dll.

      3. Dalam perjalanan jauh, anda bisa membeli baterai spare terlepas apapun merk handphone yang anda gunakan.

      • fakta yg mana lagi yg harus dibeberkan disini saudara nico.. saya rasa anda sudah cukup paham mengenai semua itu,,saya rasa anda sudah pernah memakai hp dari berbagai merek dan tahu betul seluk-beluk setiap merek hp tersebut dan saya rasa anda tak mau membohongi diri anda sendiri bukan..dalam hal ini saya tidak bermaksud untuk menyinggung saudara, tp hanya untuk tukar pndapat saja..
        terkait dengan nokia 700 memang memiliki procy yg lebih cepat dari hp symbian terdahulu,, analoginya seperti mobil balap, semakin cepat semakin banyak bahan bakar,,jadi wajar nokia 700 tidak hemat baterai..
        nokia n8 setahu saya berdasarkan informasi dari teman2 pemakai n8, daya tahan baterainya cukup bagus dibandingkan dengan merek lain.. nokia n8 memiliki xenon flash, dan xenon flash itu memakai banyak energi bila digunakan,, bayangkan kalau hp yg memakai xenon memiliki daya tahan yg lebih baik dibanding yg lain yg tanpa xenon..
        bagai mana kalau hp yg unibody(kalau n8 masih ada baterai extendednya)

        • Perdebatan ini sudah menjadi debat kusir dan saya telat menyadari bahwa anda adalah seorang “Fanboy” Symbian / Nokia. Dimana sebenar apapun fakta dan informasi yang saya katakan sebelumnya, sekarang maupun nanti tidak akan berguna, dan hanya menghabiskan waktu kita berdua.

          Terimakasih atas komentar anda, dan selamat menikmati ponsel Symbian anda :)

        • anonim mantap!

          lu emang fans sejati symbian,, atau mungkin orang yg sangat keras kepala :D

  8. Sepertinya pilihan Stephen Elop benar.. Elop memang hebat..
    Penjualan global NOKIA di seluruh dunia masih no 1 sampai saat ini, jika nokia memilih WP7 sebagai OS utama, tidak masalah asalkan SYMBIAN tidak dianak tirikan.. Karena WP7 adalah OS yg memiliki kesetabilan n performa terbaik diantara OS yg lain, apalagi WP7 yg dikelola NOKIA pasti punya ciri khas nokia seperti adanya fitur multitasking.. Sampai saat ini saya cukup kagum dengan SYMBIAN, karena mampu berjalan di spec hardware yg lebih rendah dibanding OS yg lain..Symbian mulai S60 v3 tidak ada virus yg menyerang..Bagi saya SYMBIAN dan NOKIA adalah paduan tepat sehingga saya tak perlu melirik merek lai..

    • Untuk informasi saja gan:
      – Nokia sudah memutuskan bahwa Symbian sudah tidak akan dikembangkan lagi.
      – WP7 dibuat dan dikelola oleh microsoft, dan tidak hanya Nokia saja yang memakai WP7.
      – Penjualan Nokia sudah secara global memang sedikit lebih baik dari iPhone ataupun Android, tapi perlu diingat sebagian besar HP yang dijual Nokia adalah bukan tipe ponsel Smartphone. Di segmen smartphone, penjualan Nokia jauh dibawah iPhone dan Android.
      – Mengenai spec hardware yg lebih rendah, saya yakin pasti banyak pembaca lain yg tidak setuju.

      • memang ada benarnya juga symbian dalam beberapa tahun ke depan sudah tidak dipakai lagi, karena nokia akan beralih ke WP7..
        untuk saat ini pemakai WP7 mungkin hanya nokia, walaupun sebelumnya merek lain juga pernah memakai WP7 tapi tidak booming.
        segmen smartphone memang penjualan nokia tidak sebaik merek lain, dalam hal ini pasar ingin sesuatu yg baru, jadi ini wajar kalau pasar lebih melirik yg lain selain symbian..saya akui tampilan android dan iOS lebih menarik dari Symbian..tp performa dan penggunaannya lebih baik dari symbian..dan perlu diingat, spec hardware yg semakin tinggi memerlukan konsumsi daya yg tinggi, jadi bagaimana dengan ketahanan baterai (semua handset pasti ada baterai)..jadi symbian lebih mendukung mobilitas yg tinggi dari pengguna..nokia cukup pintar menggunakan optimasi yg tepat dalam hal ini..yang tentu saja produsen ingin mengerti konsumennya bukan harus konsumen yg mengikuti produsen (bagi saya)..juga fitur di dalam smartphone symbian lebih user friendly..

        • hahaha :D

          maaf bang tapi mungkin symbian sudah mati sekarang,. :D

          liat aja dah faktanya.. ada rumor yg mybutkan nokia pun udah ketinggalan langkah dengan masih menggunakan symbian.. beberapa taun kedepan mungkin akan dibeli ma perusahaan lain :D

          tapi ini langkah nokia, mnggunakan WP7, akan tidak kalah bersaing ma merk2 lainnya.. CMIIW

  9. Kalo menurut ane sih..symbian ga terlalu lambat,asalkan kita ga ngebuka 4 aplikasi sekaligus,kalo ane make nokia 5800 symbian s60 biasa biasa aja ga lemot,tapi kalo di bandingin sama iphone/android ,symbian mungkin kalah,tapi kalo di bandingin sama blackberry ,symbian masih menang,blackberry merajalela di Indonesia itu soalnya banyak ababil yang make biar di bilang exis,ini menurut ane ya gan hehe

  10. Adit setiabudi

    jujur sebagai pecinta berat symbian kecewa akan keputusan diatas…
    Sama aja nokia mengakui kalau symbian kalah dengan android , apple dan blackberry…
    saya udah cinta banget sama symbian gan…

    • Tapi kalau mau jujur, symbian memang kurang nyaman digunakan (banyak virus, lambat, teknologinya tertinggal, dan mahal lisensinya)

      • apa iya??? saya tidak sependapat dengan anda.. kalau masalah interface iya memang Symbian tidak sebaik iOS maupun Android tapi kalau performa symbian lebih mantap.. bandingkan saja Symbian^3 mampu berjalan dengan mulus di procy 680 MHz, sedangkan android 2.2 di procy 1 GHz baru mulus.. teknologi nokia tidak tertinggal.. coba kalau dilihat lebih jauh, siapakah pelopornya?? manakah yang memiliki teknologi yg lebih maju,, symbian, iOS, atau android??

        • Analogi anda seperti membandingkan Windows 98 yg dapat berjalan mulus di Intel Pentium 3, sementara Windows 7 baru berjalan mulus di prosessor Dual Core.
          Semakin tinggi teknologi dan fitur yang digunakan, tentu memerlukan tenaga prosessor yang kuat.
          Contoh Nokia Zeta yang memakai Symbian Belle, memerlukan prosessor 1Ghz untuk mendukung semua fitur baru yang ditawarkan.

  11. ni pnilaian gw gan…….kalau membaca greget pasar dunia,masyarakat dunia mulai beralih ke android dan iOs apple ,peluang Wp7 masih kurang antusiasnya karena blm familiar,terlebih bagi pasar indonesia yang kemungkinan mengira hp dgn os Wp7 pasti susah krn dianggap sprti komputer,bagi yg awam pasti ragu untuk membelinya,jg faktor tidak familiarnya,bagi para pcinta nokia mungkin akan lbh memilih symbian,yg skrg pny upgrade terbaru yaitu symbian anna..

    masalah hardware: sebenarnya kalau mau di perinci lagi, processor a4 yg digunakan apple adalah buatan samsung,maka jgn heran kalau Ui nya mirip…namun krn masalah paten sepertinya apple akan menghentikan kerja samanya dengan samsung…

    bukan begitu min???

    • Sebenarnya sudah sekitar 2 tahun Nokia kalah bersaing dengan Apple dan Android dari volume penjualan ponsel diseluruh dunia, Untuk pasar indonesia, Nokia sendiri sudah kalah bersaing dengan Blackberry.

      – Untuk prosesor seharusnya tidak ada hubungan dengan User interface, karena prosessor=hardware, UI=software.
      Untuk penghentian kerjasama dengan Samsung, sepertinya Apple juga tidak akan gegabah. Karena selain sebagai penyedia prosessor, layar LCD Apple juga merupakan produksi Samsung yang notabene merupakan penyuplai LCD terbesar dunia.
      Jadi bila kerjasama diputus, bisa berakibat tersendatnya ketersediaan barang dan juga naiknya ongkos produksi.