Nokia menuntut HTC, RIM dan Viewsonic atas pelanggaran 45 hak paten
Home > Berita Teknologi > Nokia menuntut HTC, RIM dan Viewsonic atas pelanggaran 45 hak paten

Nokia menuntut HTC, RIM dan Viewsonic atas pelanggaran 45 hak paten

Nokia melancarkan 11 tuntutan hukum kepada HTC, RIM, dan ViewSonic atas pelanggaran 45 hak paten.

Nokia menuntut HTC, RIM dan ViewsonicDikutip Info Teknologi dari press releasenya, Nokia hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengajukan total 11 tuntutan hukum atas pelanggaran 45 hak paten yg dilakukan oleh HTC, RIM dan Viewsonic ke International Trade Commission (ITC) Amerika Serikat dan Pengadilan Jerman di kota Dusseldorf, Mannheim & Munich.

Nokia mengatakan paten yg dilanggar dari sisi fungsionaltias hardware adalah kemampuan dual function antennas, power management dan multimode radios. Sementara dari sisi software adalah fungsi application stores, multitasking, navigasi, dynamic menus, tampilan percakapan pesan (conversational message display), enkripsi data dan pengambilan attachment email dari perangkat mobile.

Nokia tidak menginformasikan lebih lanjut produk apa saja dari HTC, RIM, dan ViewSonic yang telah melanggar patennya, namun Nokia mengatakan bahwa hak paten yg bermasalah sudah dilisensikan ke lebih 40 perusahaan.

Dengan kondisi keuangan yang terus merugi (pada Q1 2012 Nokia rugi 1,3 Milyar Euro) dan ‘belum’ suksesnya jajaran Windows Phone; maka tampaknya dalam waktu dekat vendor handphone asal Finlandia ini akan semakin rajin menuntut perusahaan lain dengan menggunakan amunisi 10.000 hak paten yg dimilikinya sebagai sumber pendapatan baru.