Home > Berita Teknologi > Nintendo akan segera merilis pengganti Wii

Nintendo akan segera merilis pengganti Wii

Update 8 Juni 2011: Nintendo sudah mengumumkan penerus konsol game Wii yang akan diberi nama Nintendo Wii U, selengkapnya ada di artikel Nintendo Wii U konsol game penerus Wii

Nintendo dikabarkan akan segera mengumumkan penerus konsol game Nintendo Wii pada Juli musim panas bertepatan dengan ajang Electronic Entertainment Expo (E3) di Los Angeles.

Semenjak kehadiran Wii dan Playstation di tahun 2006 praktis tidak ada lagi konsol game baru yang diluncurkan. Tercatat hanya Microsoft yang memberikan upgrade baru pada Xbox360-nya dengan meluncurkan kontrol gerak Kinect.

Nintendo sebagai produsen Wii yang merupakan konsol game terlaris di dunia, mulai terancam dengan kehadiran Kinect yang memiliki fungsi dan teknologi lebih baik dari kontroler Wii Remote milik Nintendo.

Nintendo Wii dengan fitur HD

Nintendo sudah melakukan langkah strategis untuk men-counter langkah Microsoft dengan memotong harga jual Nintendo Wii dari $200 menjadi $150 bulan depan. Dirasa belum cukup tampaknya Nintendo masih memiliki kartu As lain, yaitu konsol game dengan fitur HD.

Saat ini masih sedikit informasi yang diperoleh untuk konsol game baru buatan Nintendo ini, bahkan untuk namanya pun masih menjadi misteri; apakah akan dinamakan Wii 2, Wii HD, atau yang lainnya. Masih menurut rumor kemungkinan hardware yang ditawarkan akan lebih baik dari Xbox 360 dan Playstation 3, atau minimal setara.

Nintendo dikabarkan sudah mendemonstrasikan sistem konsol baru ini pada developer pihak ketiga, dengan maksud supaya mereka dapat menyiapkan game yang mendukung.

Keunggulan Nintendo Wii ialah memenangkan hati para gamer dengan mengandalkan sistem kontrol yang inovatif disertai harga yang murah. Tapi karena kemampuan spesifikasi hardware yang jauh lebih rendah dari para rival, membuat Nintento dan developer game kesulitan membuat game baru yang memiliki grafis cantik dan sesuai tuntutan pasar.

Saat rumor ini berusaha dikonfirmasi, dengan singkat Nintendo menjawab “Nintendo tidak memberikan komentar terhadap rumor ataupun spekulasi yang beredar”