Modifikasi Kinect menjadi alat 3D Video Chat

Kinect XBox 360Kinect yang merupakan kontroller sensor gerak untuk konsol game XBox360, sebelumnya sudah dimodifikasi menjadi media pembuatan video 3D, membuat lingkungan seperti video game, sebagai head tracking, dan juga sebagai alat mencoba pakain secara virtual di toko.

Dan kini sebuah kelompok peneliti dari Universitas North Calorina – Chapel Hill telah memodifikasi Kinect sehingga dapat berfungsi sebagai alat ‘3D Video Chat’.

Para peneliti membuat mapping 3D dengan bantuan 4 Kinect untuk merender Video, dan kemudian mengaplikasikan headtracking ke pihak penerima sehingga pihak lain akan menonton versi video 3D secara live, dan tanpa bantuan kacamata 3D.

Hasil gambar akan mengikuti pandangan penonton saat menggerakkan kepala baik maju atau mundur, sesuai sudut pandang dan jarak penonton dari sensor kinect.

http://www.youtube.com/watch?v=OOy-Dnr3xyU

Implementasinya sangat mengesankan seperti di video yang dapat kita tonton dibawah, namun pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah kita ingin melihat versi blur dari teman kita saat melakukan 3D Video Chat ? :)