Home > BlackBerry > BlackBerry Messenger (BBM) akan hadir di Android dan iOS

BlackBerry Messenger (BBM) akan hadir di Android dan iOS

BlackBerry mengumumkan layanan chatting BlackBerry Messenger / BBM akan tersedia di Android dan iOS pada musim panas ini.

BBM versi Android akan tersedia secara gratis mulai musim panas ini serta dapat diinstal di handheld Android dengan minimal OS ICS, sementara utk iPhone dan iPad minimal harus berjalan di iOS 6.

Untuk versi awal hanya akan hadir fitur BBM Chat, voice note dan BB Groups dengan fitur lainnya dijanjikan menyusul kemudian.

Bagi pemilik Android & iOS tentu saja akan menerima dengan senang hati berita kehadiran BBM di devicenya, namun disisi lain keputusan ini terbilang sangat beresiko bagi BlackBerry karena bagi sebagian besar orang, BBM merupakan satu-satunya alasan utama mereka membeli / memiliki BB.

blackberry-live-orlando-2013

Jadi dipastikan akan banyak user yg berpindah ke platform Android atau iOS dengan alasan seperti harga handphone yg lebih murah serta tidak perlu lagi berlangganan paket BlackBerry Messenger yg mahal (bila dibandingkan biaya GPRS).

Entah bagaimana BlackBerry akan mengeruk keuntungan dari strategi pengadaan applikasi BBM di Android dan iOS, tapi yang pasti rintangan besar sudah menanti dengan banyaknya pesaing seperti WhatsApp, Line, Kakao, WeChat, dan layanan chat lainnya yg sudah terlebih dahulu hadir.