Home > Internet > Review Kecepatan Smart EVDO Rev.A

Review Kecepatan Smart EVDO Rev.A

Akhirnya setelah sekian lama tanya sana-sini dan riset mengenai koneksi wireless internet yang bagus buat ngenet, saya dihadapkan dua pilihan antara GSM atau CDMA.

Keputusan pun jatuh untuk membeli Modem Smart ZTE AC2726, Lumayan mahal juga harganya Rp 888.000(+10% PPn) dan gratis akses unlimited 100 hari.

Berikut Review Smart EVDO Rev.A menggunakan Modem Smart ZTE AC2726:

Saat membuka kotaknya dan lihat modemnya bingung juga gimana cara masukin Sim cardnya. Untuk proses instalasi ternyata cukup gampang, kita cukup colokkan modem ke port USB maka akan langsung dikenali sebagai USB drive. Proses Autorun installer berjalan dan setelah itu daftarkan SIM card lewat sms, kemudian pencet tombol Connect.

Interface Utama Smart (Tampilannya mirip Mac)

Untuk koneksinya, walaupun tidak seperti yang dijanjikan (3.1 mbps) tapi cukup lumayan juga untuk browsing dan download, namun saat dipakai untuk bermain game (Rune of Magic) agak lemot, ngak tau karena gamenya memang masih baru atau memang nih modem ngak bisa main game online.

Speed test Smart
Kecepatan Smart Evdo(Untuk lokasi saya Cengkareng – Jakarta Barat)

Modemnya sudah saya pakai di Windows XP, Windows 7, dan Ubuntu 9.10 dan saya juga membaca di forum Macintosh Indonesia bahwa telah  kompatible dengan MacOs Leopard & Snow Leopard. Sudah saya pakai selama satu bulan dan sejauh ini memuaskan.

Update: Masa 100 hari gratis internet saya sudah berakhir, dan saat ini masih menggunakan Smart dengan kecepatan 128 kbps dari gratis isi ulang 50.000. Meskipun kecepatan dibatasi, namun saat saya lihat kecepatannya di program bawaan Smart ternyata speed limiter kurang berfungsi sehingga saya bisa mendapat kecepatan sampai 500 kbps meskipun itu hanya sebentar.

2 komentar

  1. apaan…nyesel saya beli smart….sekarang makin rese…tiap 5 menit dc…gimana mu download yg gede? nanya ke CS jawabannya mungkin overload..lha kan saya pakai yg unlimeted? jawabnya jaringan di daerah saya overload…terus..klo overload gimana?? masa saya harus reconnect tiap 5 menit?? menyebalkan!!!

    • Lokasi memang menentukan gan, semakin banyak pengguna smart yang ada dalam lingkup satu BTS maka kecepatannya akan turun, apalagi bila semuanya melakukan akses / download secara bersama-sama.

      Untuk lokasi saya sendiri, sepertinya masih sedikit yang memakai smart, makanya lancar-lancar saja.