Komentar Facebook kini menampilkan foto, video dan preview website
Home > Internet > Komentar Facebook kini menampilkan foto, video dan preview website

Komentar Facebook kini menampilkan foto, video dan preview website

Facebook telah menambahkan fitur baru yaitu kemampuan menampilkan preview untuk komentar yang memiliki link tautan ke Foto, Video dan Website.

Mulai hari ini bila anda menposting Link URL ke dalam komentar yang anda tulis di Facebook maka preview dari link tujuan akan ditampilkan. Tampilan preview akan sama seperti saat menposting / men-publish URL di Wall, yang membedakannya tampilan preview media tidak akan muncul sampai komentar diposting.

Link yang mengarah ke layanan seperti YouTube, Vimeo, Metacafe, dan Hulu akan langsung menampilkan videoplayer sehingga user dapat langsung menonton video yg diposting.

Sementara bila link menuju ke suatu halaman website maka preview akan menampilkan teks (meta description) dan thumbnail foto bila tersedia. Hal serupa juga akan tampil saat user menposting URL Foto ataupun URL username Facebook.

Komentar Facebook

Tampilan preview dapat dengan mudah dinonaktifkan bila user tidak mau ada preview yg tampil, dengan cara  mengklik teks “Remove preview” setelah komentar berhasil diposting.

Sayangnya fitur “preview komentar di Facebook” dapat menimbulkan problema baru yaitu komentar spam, para spammer dapat menposting link dengan preview yang tidak sesuai dengan isi website sehingga menipu pengguna FB untuk mengklik link yang diposting.

Cara melakukan spam diatas cukup mudah dilakukan dengan memanfaatkan tag Open Graph ke dalam source code website, dan sampai saat ini Info Teknologi belum menemukan setting di Facebook untuk menonaktifkan fitur preview komentar secara global.