Home > Android > Android Jelly Bean 4.1 hadir dengan User interface lebih responsif

Android Jelly Bean 4.1 hadir dengan User interface lebih responsif

Google merilis Android Jelly Bean (4.1) pada ajang Google I/O 2012 di San Francisco.

Android Jelly BeanAndroid Jelly Bean adalah versi OS Android terbaru yang lebih menfokuskan diri ke user interface yang lebih cepat, lancar dan tidak lagg.

Namun Jelly Bean tidak hanya menawarkan user interface yang lebih cepat saja, karena hadir juga beberapa fitur lain yang bisa dibilang cukup baik. (selengkapnya dibahas pada bagian akhir artikel)

Contohnya adalah kehadiran Google Now yang dapat memberikan saran ke user berdasarkan data-data yang tersimpan didalam hp Android seperti kalender, kontak, info lokasi, dan juga search history.

Dengan Google Now; misalkan user memiliki janji meeting yang tercatat di kalender maka Google Now akan membantu user untuk menuju ke tempat tersebut dengan memberikan saran kendaraan yang digunakan, peta lokasi, beserta estimasi waktu sampai ditujuan.

Fitur Android 4.1 Jelly Bean

1. User Interface yang lebih smooth. Android Jelly Bean menjanjikan tampilan user Interface yang lebih cepat, smooth, dan responsif berkat kehadiran fitur triple buffering di graphics pipeline dan CPU input boost. Selain itu pengaturan V-Sync timing yang diset ke 16 millisecond akan membuat semua tampilan animasi, display refresh, touch event dan juga rendering applikasi memiliki kecepatan konstan & tidak akan ada lagg (delay).

Android Jelly Bean2. Support Bi-Directional Text (penulisan dari kanan-ke-kiri atau kiri-ke-kanan), tambahan input keyboard (27 bahasa), Support Vertical text, custom keyboard maps, dll.

3. Expandable notifications. Notifikasi pada layar home Android 4.1 akan tampil lebih besar dan dapat memuat media seperti foto, men-setting prioritas notifikasi, dan juga disable notifikasi dari applikasi yang tidak diinginkan.

Selain itu user juga dapat melakukan respon / tindakan langsung dari notifikasi yang telah diterima (misal menelepon / email orang yang telah menelepon).

4. Resizable app widgets. App Widgets dapat secara otomatis menyesuaikan ukurannya berdasarkan cara user menaruh widget di homescreen, orientasi layar, dan juga besarnya ruang homescreen yang tersedia.

5. Android Beam. Di Android 4.1, user akan akan semakin mudah men-share gambar, video, dll dengan kerjasama antara fitur NFC & Bluetooth.

6. New API. Kehadiran API baru seperti Wi-Fi Direct service discoverability, Network bandwidth management, dll.

Update Android 4.1 Jelly Bean rencananya hadir pada pertengahan Juli 2012 untuk device seperti Galaxy Nexus, Motorola Xoom dan juga Nexus S. (sumber: Android Developer)