Head-Up Display (HUD) menggantikan menu bar di Ubuntu 12.04 LTS
Home > Ubuntu > Head-Up Display (HUD) akan menggantikan menu bar di Ubuntu 12.04 LTS

Head-Up Display (HUD) akan menggantikan menu bar di Ubuntu 12.04 LTS

Dilansir Info Teknologi dari blognya, Mark Shuttleworth sebagai pimpinan projek Ubuntu membeberkan kehadiran user interface Unity baru di versi Ubuntu 12.04 LTS.

Head-Up Display (HUD) merupakan nama komponen user interface tersebut, idenya adalah untuk menggantikan global menu Unity yang sudah ada sejak versi 10.04.

Fungsi HUD adalah memprediksi secara otomatis menu yang ingin dipakai dengan cukup mengetikkan sebagian huruf dari nama menu yang dicari, setelah itu akan muncul saran dari menu apa saha yang ada (mirip Google Suggestion).

Head-Up Display Unity

Namun, setelah Unity yang ternyata kehadirannya hanya untuk menfasilitasi proyek Tablet PC buatan Canonical dan bukan berdasarkan input user, maka bisa dibilang fitur baru HUD ini juga lebih berorientasi pada Tablet.

Bisa jadi ini adalah pertanda bahwa Ubuntu sudah lempar handuk (menyerah) untuk bersaing dengan Windows di ranah PC dan lebih memilih untuk bertanding di pasar yang relatif baru (tablet dan hp)?

Pengguna Ubuntu yang sebelumnya tidak menyukai Unity tentunya tidak akan senang mendengar berita ini. Tapi untungnya Mark Shuttleworth mengatakan bahwa HUD hadir di Ubuntu 12.04 secara opsional dan baru bisa diaktifkan bila user mau mencoba HUD ketimbang menggunakan menu bar.

Meskipun demikian penulis yakin HUD nantinya akan hadir secara default di versi Ubuntu selanjutnya. Dan bila saat itu telah tiba maka bagi penggemar Linux yang sudah muak kecewa akan Ubuntu saya sarankan berpindah haluan ke Linux Mint.

Satu komentar

  1. wao Ubuntu makin keren aja.. i believe the more u