Google Reader akan dihentikan mulai 1 Juli 2013
Home > Berita Teknologi > Google Reader akan dihentikan mulai 1 Juli 2013

Google Reader akan dihentikan mulai 1 Juli 2013

Google Reader menjadi salah satu layanan yg dinonaktifkan dalam program spring of cleaning.

Google Reader yang berfungsi untuk mengumpulkan feeds RSS dan memudahkan user untuk membaca berita terbaru dari website lain pada tanggal 1 Juli 2013 akan berhenti beroperasi.

Dalam blognya, Google beralasan meskipun layanan ini memiliki pengguna yang loyal, namun penggunanya semakin hari makin menurun drastis. Dan bagi user yang ingin berpindah ke layanan RSS lain dapat mengexport datanya termasuk subscription untuk 4 bulan ke depan dengan Google Takeout.

Langkah ini sudah diprediksi oleh banyak pengamat termasuk penulis Info Teknologi semenjak terjadi integrasi Google Reader dengan Google+. Dan bila boleh berprediksi lagi, maka kemungkinan layanan lain yang akan dihentikan selanjutnya adalah Feedburner yang sudah lama mata suri.

Selain Google Reader beberapa layanan lain yang juga dihentikan / didepresiasi adalah Apps Script (GUI Builder & 5 UiApp widgets), CalDAV API, Building Maker, Cloud Connect, Google Voice App for Blackberry, Search API for Shopping, Snapseed Desktop for Macintosh and Windows.