Google Drive layanan Cloud storage dgn kapasitas 5GB gratis
Home > Internet > Google Drive layanan Cloud Storage dengan kapasitas 5GB gratis

Google Drive layanan Cloud Storage dengan kapasitas 5GB gratis

Google Drive layanan media penyimpanan online (cloud storage) remsi dirilis hari ini dengan memberikan tawaran 5GB storage gratis.

Google Drive adalah layanan online storage (cloud) yang memungkinkan user untuk menyimpan file (videos, photos, Google Docs, PDFs, dll) yang tersinkronisasi di penyimpanan cloud dan dapat diakses baik dari komputer, website, handphone maupun device lain.

Sejatinya Google Drive telah dirumorkan jauh-jauh hari bahkan semenjak tahun 2006, tapi entah kenapa baru hari ini layanan tersebut akhirnya baru dirilis ke publik.

Dimana hal ini sekaligus membuat Google menjadi pesaing utama bagi pemain yang sudah lebih dahulu hadir seperti Dropbox, Microsoft SkyDrive atau Box.net.

Google Drive

Google tentu saja sedikit lebih diunggulkan dan merupakan ancaman serius bagi para pesaingnya karena disamping menawarkan kapasitas storage yang lebih murah, mereka juga memiliki basis user yang sangat melimpah.

Fitur Google Drive

  • Setiap user akan mendapatkan kapasitas penyimpanan (storage) gratis sebesar 5GB.
  • User bisa mengupgrade ke kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan rincian biaya: $2.49/bulan untuk 25GB, $4,99/bulan untuk 100GB, $49,99/bulan untuk 1TB dan $799,99/bulan untuk 16TB. Dan bagi user yg mengupgrade secara otomatis kapasitas storage email di Gmail akan naik menjadi 25GB.
  • Google Drive dapat dipakai langsung dari web atau melalui applikasi di hp Android & Tablet dan rencananya akan tersedia juga untuk iOS.
  • Pengguna yang menggunakan Google Docs dan Google Drive akan disatukan kedalam satu akun, dimana user yg mengakses docs.google.com akan di-redirrect ke drive.google.com.
  • Selain dapat membuat file melalui Google Docs; user juga dapat menginstall applikasi dari Chrome Web Store untuk membuat jenis dokumen lain seperti diagram, fax, signature, presentasi, mind maps, dll.
  • Drive memiliki kemampuan pencarian file yang disertai dengan teknologi OCR (Optical Character Recognation) yang dapat mencari kalimat dari file hasil scan, image recognation.
  • Pilihan sorting, thumbnail, preview file, termasuk juga activity stream untuk file yang terakhir dimodifikasi.
  • Integrasi dengan Google+ dimana foto yang diupload dapat langsung ditampilkan di Google+. (fitur yang serupa nantinya akan tersedia juga utk Gmail)
  • Kolaborasi file dokumen, spreadsheet, dan presentasi dengan orang lain secara realtime.
  • Chat conversation yang terasosiasi untuk setiap file, dimana user akan mendapat notifikasi setiap kali seseorang menulis komentar baru.

Bila tertarik mencoba Google Drive dapat langsung mengunjungi drive.google.com, tapi kalau anda belum bisa mengaksesnya dan muncul Your Google Drive is not ready yet, anda tidak perlu khawatir karena saat ini memang tidak semua user bisa langsung mencobanya disebabkan Google mengaktifkannya secara bertahap.

Satu komentar

  1. Saya menyimpan beberapa file video dj google drive. Tapi sekarang file saya tidak bisa ditampilkan. Kenapa?