Google Penguin memberantas situs yg memakai praktik Webspam
Home > Internet > Google Penguin update memberantas situs yg menggunakan praktik webspam

Google Penguin update memberantas situs yg menggunakan praktik webspam

Google Penguin adalah update algoritma pencarian Google yang ditujukan untuk memberantas praktik webspam dalam meningkatkan ranking / posisi mereka di search engine.

Google PenguinGoogle Penguin sebenarnya merupakan nama lain dari update algoritma webspam yang diumumkan bulan Maret dan baru Live (diterapkan) pada tanggal 24 April 2012.

Berbeda dgn Google Panda yg ditujukan membasmi content farmer (copy paste website lain) & thin content, maka Google Pinguin ditujukan untuk situs yang memakai teknik Blackhat SEO seperti Webspam.

Contoh praktik webspam adalah keyword stuffing, link scheme, dan cloaking. Praktik blackhat ini sendiri sebenarnya sudah ada dari dulu dan Google pun sudah menghukum situs-situs yang melakukan praktik tersebut, namun dipercaya update Google Penguin dapat lebih baik lagi mendeteksinya.

Bila website anda terkena dampak Google Pinguin dan merasa ranking SERP Google menurun drastis setelah tanggal 24 April, maka anda harus memeriksa website anda dari kemungkinan melakukan praktik webspam dan segera membersihkannya.

Tapi bila anda yakin tidak pernah melakukan praktik webspam dan merasa ranking SERP Google menurun drastis setelah tanggal 24 April, maka bisa saja terjadi kesalahan dan anda bisa menginfokannya ke Google dengan mengisi form feedback Google Penguin supaya situs anda dapat memiliki rangking yg baik lagi.

Note: Anda juga bisa melaporkan situs yang melakukan teknik webspam namun masih meliliki ranking bagus di Google dengan cara mengisi form Spam Report.