Google kini mendeteksi Virus dan Malware Komputer
Home > Internet > Google kini mendeteksi Virus dan Malware Komputer

Google kini mendeteksi Virus dan Malware Komputer

Jangan kaget bila saat melakukan pencarian di Google anda mendapatkan notifikasi bahwa komputer anda terkena virus atau malware (gambar bawah), karena mulai hari ini Search Result Google akan memperingati pengguna bila komputer dicurigai terkena virus atau malware.

Pendeteksian virus dan malware akan menggunakan server dan data milik Google dengan cara mengidentifikasi bila komputer melakukan aktifitas mencurigakan seperti me-route (redirect traffic) ke Google dan situs lain melalui proxy.

Berikut kutipan pernyataan yang diambil dari Official Google Blog: Using data to protect people from malware:

Kami (Google) bekerja untuk melindungi pengguna dan informasi mereka, terkadang kami menemukan pola aktivitas yang mencurigakan. Belum lama ini, kami menemukan traffic pencarian yang tidak biasa saat melakukan perawatan rutin pada salah satu data center kami.

Setelah berkolaborasi dengan insinyur keamanan di beberapa perusahaan yang mengirimkan traffic mencurigakan ini, kami meyakini bahwa komputer dengan perilaku tersebut terinfeksi dengan software berbahaya atau “malware”. Maka, sebagai hasil dari penemuan ini, hari ini beberapa orang akan melihat notifikasi di bagian atas hasil pencarian Google

Google Malware Warning

Info Teknologi mencatat ini pertama kalinya sebuah search engine mengubah halaman result page-nya menjadi portal pencegahan virus/malware.

Apa untungnya bagi Google ? Karena bila malware mampu meng-intercept traffic internet melalui proxy, maka ada kemungkinan malware tersebut juga dapat mengakses akun Google pengguna komputer, yang tentu saja tidak diinginkan Google.

Jadi bila melihat peringatan malware di halaman Google dengan kalimat “Your computer appears to be infected” segera update antivirus dan segera scan komputer anda.