General Motors berhenti memasang iklan sebelum Facebook IPO
Home > Berita Teknologi > General Motors berhenti memasang iklan di FB beberapa hari sebelum Facebook IPO

General Motors berhenti memasang iklan di FB beberapa hari sebelum Facebook IPO

General Motors, produsen mobil terkenal di Amerika diberitakan akan menghentikan pemasangan iklan di Facebook.

Logo FacebookDikutip Info Teknologi dari Wall Street Journal, diberitakan bahwa General Motors (GM) yang merupakan produsen mobil nomor satu didunia dan juga pemasang iklan dengan pengeluaran terbesar ke-3 di AS telah mempertimbangkan untuk tidak lagi memasang iklan di Facebook.

Keputusan menghentikan pemasangan iklan di Facebook diambil oleh pihak marketing GM yang merasa bahwa mereka tidak mendapatkan sales yang ditargetkan ataupun nilai ROI (return of investment) yang jauh dari harapan mereka. Pemasaran produk GM di Facebook disebutkan menghabiskan dana $40juta/tahun, dimana $10juta digunakan untuk pemasangan iklan di FB.

Nilai 10 juta dollar memang terbilang kecil dan tidak banyak berpengaruh secara finansial bila dibandingkan keuntungan Facebook yang mencapai 1 Milyar dollar / tahun. Tapi paling tidak ini merupakan cerminan kebanyakan pemasang iklan dimana banyak dari mereka merasa platform Facebook tidak terlalu efektif untuk mengiklankan produk mereka.

Berita ini berpotensi menjadi bencana bagi Facebook yang pada jumat ini akan melakukan penawaran umum perdana atau IPO (Initial Public Offering), dimana hal ini sangat mungkin menurunkan nilai saham facebook di pasar saham.

Namun menurut penulis Info Teknologi, bisa jadi ini adalah konspirasi para pialang saham di Amerika yang berusaha menurunkan nilai saham FB saat IPO, sehingga mereka bisa meraup untung yang besar dikemudian hari.