Google +1 button
Home > Internet > Google +1 button untuk menandingi Facebook

Google +1 button untuk menandingi Facebook

Logo Google +1Google memperkenalkan fitur Google +1 button yang memiliki konsep sama seperti tombol like pada Facebook.

Fungsinya jika anda menyukai hasil pencarian yang anda dapatkan di Google maka anda bisa mensharenya ke jaringan sosial anda sama halnya seperti pada facebook, twitter atau Google buzz.

Selain muncul di hasil pencarian, tombol ini akan muncul juga di samping Google ads. Nantinya setiap kali anda mengklik tombol +1, pilihan anda akan dapat dilihat oleh semua pengguna internet yang berteman dengan jejaring sosial Google+.

Contohnya di hasil yang memiliki tombol +1, anda akan melihat bila salah satu teman anda telah mengklik tombol +1 (sama seperti fitur Social Search, gambar icon kecil teman anda akan muncul dibawahnya).

Tapi anda juga akan dapat melihat berapa banyak jumlah orang selain teman anda yang telah mengklik tombol Google +1.

Tampilan hasil pencarian Google

Gambar sebelum tombol Google +1 ditekan

Tampilan saat mouse diarahkan ke tombol +1

Screenshot Google +1 button disamping hasil pencarian

Tampilan setelah tombol +1 diklik

Gambar Screenshot Google +1 button setelah ditekan

Fitur Google +1 button ini di-integrasikan dengan Google Profile yang juga merupakan fitur baru, untuk melihat apa saja yang sudah anda sukai atau +1, anda dapat melihat halaman Google Profile anda. Fitur +1 ini juga memungkinkan anda untuk membagikan link yang anda sukai ke teman-teman anda.

Gambar Google profile dengan tab +1

Besar kemungkinan fitur Google +1 button ini dikeluarkan untuk menandingi Facebook di ranah jejaring sosial, setelah sebelumnya Google melalui Orkut dan Google Buzz gagal menyaingi kesuksesan Facebook.

Sadar akan kesalahan sebelumnya Google memperkenalkan fitur +1 ini secara perlahan-lahan sambil melihat respon pengguna terhadap fitur ini.

Maka wajar saja untuk saat ini fitur Google +1 button masih dalam tahap percobaan, untuk sementara +1 hanya tersedia di situs utama google.com dan anda harus sudah memiliki account google. Namun dapat dipastikan bila pengguna internet menyukai fitur ini, maka penggunaan tombol Google +1 tidak akan terbatas lagi untuk pengguna account Google saja.

Bila anda tertarik untuk memakainya silahkan kunjungi alamat http://www.google.com/experimental/ untuk mengaktifkan Google +1 button.