Home > NComputing > Fakta NComputing

Fakta NComputing

Apa itu Ncomputing ?

Arti Ncomputing yang didapat dari website distributor lokal:

Ncomputing adalah terminal pertama di dunia yg tidak membutuhkan CPU, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan sama seperti PC biasa. (Arti mudahnya, 1 komputer dipakai oleh banyak orang)

Dengan teknologi bernama Ncomputing exclusive UTMA (Ultra Thin Multi-Access), alat ini dapat meng-ekspansi PC  sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 client dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu).

Teknologi tersebut bisa diterapkan karena kecepatan prosessor & besarnya kapasitas memory yang beredar dipasaran sebenarnya tidak pernah digunakan secara maksimal dalam pemakaian aktivitas normal, sehingga hanya diperlukan satu CPU sebagai server untuk menjalankan banyak terminal client (terdiri dari monitor, mouse, keyboard, dan terhubung ke LAN)

NComputing

Ncomputing biasa digunakan di sekolah-sekolah, warnet, dan kantor karena biasanya digunakan utk applikasi yg tidak memerlukan kecepatan komputer yg cepat. Namun begitu, iklan mengenai Ncomputing tidak selamanya dapat dipercaya, oleh karena itu sebelum membeli NComputing saya menyelidiki terlebih dahulu kekurangan dan masalah di NComputing lewat Google & forum resminya.

Dan setelah mencoba sendiri sistem Ncomputing di dalam perusahaan tempat bekerja, berikut sedikitreview Ncomputing disertai kelebihan dan kekurangannya :

Kekurangan Ncomputing 

Bila kita menggunakan OS selain Windows XP, untuk windows Vista sendiri masih dalam tahap beta dan tidak pernah dilakukan update semenjak versi terakhir dikeluarkan Windows Vista dan Windows Server 2008 sudah didukung di versi vSpace terbaru.

Sedangkan untuk OS Linux yang didukung hanya penggunaan Ubuntu 8.04 dan itupun sulit sekali untuk menemukan software dan panduan menginstallnya karena tidak disertakan dalam CD software tsb.

Untuk software pendukung NComputing digunakan  program bernama Vspace, ada masalah yang  saya rasa cukup mengganggu karena kita harus menonaktifkan Windows update kita, mengupdate windows bisa menyebabkan tidak bisa berfungsinya terminal NComputing bila file seperti win32k dan teman2-nya diupdate.

Antivirus hanya bisa menggunakan Avast versi 4.x, karena setelah mencoba menginstall Avira ataupun Comodo AV, Client NC tidak bisa terhubung ke Server NC.

Kelebihan NComputing 

Lebih murah dibandingkan membeli PC baru, lebih efiesien dalam penggunaan daya listrik, maintenance  & administrasi software lebih mudah.

Sekian review singkat NComputing dari saya di kesempatan berikutnya saya akan membagi pengalaman cara setup instalasi NComputing yang saat ini sudah berjalan sekitar 4 bulan dalam perusahaan saya.

Update 1 :
Untuk Avira bisa diinstal dengan menyeting port (Avira versi Professional), dan Antivirus ESET NOD32 v3.0 menurut komentar pengguna juga bisa digunakan
Update 2 :
Saat ini untuk software pendukung NComputing versi terbaru yaitu vSpace 5.1.3.12 sudah mendukung Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2008 (untuk Windows Server 2008 R2 telah disupport dengan versi terbaru vSpace pada Maret 2011) tetapi untuk efek Aero tidak akan bisa dipakai, dan anda harus meregistrasikan / membayar licensi (ke Microsoft) untuk setiap terminal NComputing anda.
Update 3 :
Ncomputing bisa digunakan di Ubuntu 8.10 untuk tipe L130 and L230, dan Ubuntu 10.04 dapat digunakan untuk tipe L300, U-series, dan X350/X550.

Untuk proses instalasi dan registrasi program Vspace bisa lihat di post Cara Memasang (Instalasi) Ncomputing Di Warnet Atau Perusahaan dan untuk pengaturan IP address bisa dilihat di post Menggunakan IP berbeda di setiap client NComputing

22 komentar

  1. Selamat pagi pak,

    mau tanya sedikit untuk NComputing. Jikalau kita mau menggunakan Office ( word,excel dan outlook ), apakah ada kesulitan dalam licensenya. Berdasarkan pengalaman bapak selama ini, apakah ada permasalahan dengan setingan Network di NComputing ? Jikalau saya mau menggunakan NComputing untuk akses 8 user, kira – kira spek seperti apa yg dibutuhkan. Tks atas bantuannya. Salam

  2. saya mau tanya bisa gagh n computing tipe L230 dipakai buat pake main game…
    trus kalo seandainya gagh bisa bisa ditambah softwarenya gagh..??

  3. saya pengguna Ncomputing L230, OS nya menggunakan Wind server 2008 R2, Update windows ok..ok saja, saya pake anti virus avg busines editions tetep berjalan sebagaimana biasanya. saya pake Ncomputing dengan 1 CPU ke 40 unit Ncomputing… semuanya tidak ada masalah, namun…. ada satu masalah bahwa saya lupa password beberapa unit Ncomuting, ketika mau setting di awal menu pas Ncomputing nyala eeeh… minta password… biasa.. saya masukin passwordnya… eeeh.. salah lagi.. salah lagi… nah bagaimana cara me reset password tersebut ??? mohon pencerahannya….
    pernah saya pake “unlockme” dan “1776$admin” dan ketika di restart tetep az ga bisa. 

    • Reset Password firmware Ncomputing tidak bisa dilakukan, sebaiknya anda menghubungi distributor tempat anda membeli untuk dibantu.

  4. sekedar share, saya sudah dua tahun lebih menggunakan ncomputing tipe L130 dan L230. saya menggunakan dua L130 dan 1 L230 pada warnet saya dengan server proc intel core2duo ram 2gb hdd 160 dan OS win XP sp2. selama ini tidak ada masalah yang berarti. untuk billing banyak yang sudah dicoba, tapi yang paling pas dan tidak ada masalah menggunakan indobilling.

    dari pengalaman kelebihan ncomputing adalah: hemat listrik, harga waktu beli  tipe diatas Rp 1-1,2jt, hemat tempat, ncomputing bisa ditempel dibelakang minitor lcd.

    kekurangannya tidak bisa menjalankan game yang berat, tapi kalo hanya game flas atau game2 facebook spt poker masih bisa. kalo sekedar brousing ok ok saja, tapi kalau ada 2 client yang maen poker cpu terpakai 100% (bisa dilihat di taks manager)

    jadi kesimpulan saya untuk menggunakan ncomputing selain ram yang cukup, processornya juga harus kencang.

  5. halo… mau numpang tanya… saya barusan menginstal ncomputing, tapi kok setiap meng-on kan harus masukin password? padahal auto login sudah tercentang.. apa ada settingan lain?
    makasih… sebelumnya

    • Ini yg diminta password Ncomputing atau password windows?

      Pastikan anda sudah menset dengan benar username dan password di setting console Ncomputing.

  6. Pak saya mau nanya apakah ada NIU untuk versi linux ubuntu ? saya udah pake ubuntu 10.04 jalan sangat baik dengan X550 ……

    Terima kasih !

  7. pak kalo teknisi lupa passwordnya bagaimana cara lainya?

    • Bila yang anda maksud adalah untuk reset password di setting Ncomputing, sebaiknya hubungi distributor anda.

      Tapi bila yang anda maksud adalah reset password program Vspace, caranya cukup mudah:
      – Install ulang program Vspace
      – Akan diminta untuk memasukkan password, masukkan saja password sembarang
      – Muncul dialog forget password klik Yes
      – Akan diminta untuk restart program installasi klik Yes
      – Password vSpace akan direset, lalu anda akan bisa masuk ke vSpace

    • Reset password Ncomputing, (ane terapin di L 230, sukses)
      1. Nyalakan perangkat
      2. Masuk menu password ncomputing
      2. Ketika muncul menu password ketikkan “unlockme” (tanpa petik) kemudian restrart
      3. Jika tidak berhasil maka ketikkan “1776$admin” (tanpa petik) kemudian restrart
      Silahkan coba dulu sebelum hubungi distributor, coba cara yg gratis dulu.. hehe..

  8. saya udah coba n-Computing disekolah, dan bisa saya install Norton AV 2011, xuman akhir-akhir ini kalo dipake 10 user sering lambat, kenapa ya?

    spec: Q800 quad core 3.0, ram 4gb, hd 500gb, ati radeon (lupa versinya).

    • Coba anda cek di task manager, di tab Performance apakah untuk CPU usage dan Memorynya saat dipakai 10 user bersamaan mencapai angka yang tinggi (maximum).
      Lalu lihat juga para user anda dari vSpace console, apakah mereka sedang memakai applikasi yang rakus daya CPU dan/atau Memori.

  9. @budi: Secara default NComputing tidak ada passwordnya kalau ingin merubah setting IP, resolusi layar, server, dll.Bila NComputing anda ada passwordnya, berarti sudah ada yang membuat password tersebut, tanyakan teknisi atau orang yang memasang NComputing anda.

  10. >kalau mau mereset ncomputing L100 gimana Pa nico, karena kalu masuk setup mau merubah IP ada passwordnya

  11. >@p2ns3r Kebetulan saya hanya baru bisa menggunakan dan mengginstall NComputing saja, untuk thin client yang lain saya belum coba secara mendalam jadi tidak bisa komentar banyak.Untuk Video Full Screen (game 3D maksudnya ?) dengan NComputing belum pernah saya coba, karena tidak mungkin saya coba bermain game dikantor. :PTapi menurut informasi yg saya dapat saat diskusi dengan penjualnya, ada beberapa warnet yang menggunakan NComputing sebagai client untuk memainkan game online.

  12. >bang nico sya mw tnya, klo mw mnggunakan thin client sperti ini, mna yg lbh bgus dpakai, dan yg sdh bsa mndkung video full screen, apakah ncomputing, pc station atw mngkn ada yg lain yg lbh bgus, dan tidak bnyak mnimbulkan msalah.

  13. >mungkin bisa mencoba ESET NOD32 v3.0 juga. AV ini sangat ringan dengan fitur advanced heuristic yang sngat handal.Semoga bermanfaat

  14. >Terimkasih pak Philips atas tambahan informasinya bahwa semua AV bisa diinstall di NComputing. Saat membeli produk Ncomputing pihak penjual memang hanya memberitahu kami bahwa hanya AVG atau Avast sebagai Antivirus yg disupport. Dan akhirnya kami menginstall Avast karena memang lebih handal dalam menangkal virus daripada AVG berdasarkan pengalaman kami.

  15. >menambahkan, pak.dari ncomputing sendiri recommend AV nya adalah AVGsebenarnya AV apapun asal bisa menambahkan port dan file sebagai exception maka bisa menjalankan vspace untuk ncomputing. karena biasanya disertakan file yang isinya memberitahukan port brp saja dan file apa saja yg harus diexclude dari AV tsb agar dapat berjalan normal vspacenya.philips 0815 966 23 21