Facebook merubah semua alamat email user menjadi @facebook.com
Home > Internet > Facebook merubah semua info alamat email user di profil FB menjadi @facebook.com

Facebook merubah semua info alamat email user di profil FB menjadi @facebook.com

Facebook telah merubah semua tampilan info alamat email di profil setiap user (yang terlihat di Timeline) menjadi alamat email @facebook.com.

Alamat email @facebook.com dipaksakan ke setiap userApakah pembaca Info Teknologi masih ingat dahulu kala saat Facebook merilis layanan email dengan alamat @facebook.com yang terintegrasi inbox FB, namun tidak ada user yang pernah memakainya karena keterbatasan fitur dan beberapa alasan lainnya?

Alasan penulis membahas hal diatas karena mulai hari ini Facebook kembali gencar melancarkan promosi supaya user dapat menggunakan alamat email @facebook.com. Cara yg Facebook lakukan yaitu dengan mengubah setiap info email user menjadi alamat email Facebook dan menyembunyikan (hidden) alamat email lain (dari provider Gmail, Yahoo, dll) yang sudah diset oleh user.

Upaya tersebut diklaim Facebook sebagai upaya meningkatkan privasi setiap usernya, namun yang membuat keputusan tersebut kontroversial adalah tidak adanya pemberitahuan ataupun konfirmasi sama sekali ke user mengenai perubahan itu.

Alasan menjaga privasi user menurut penulis menjadi tidak masuk akal karena walaupun user sebelumnya sudah menset privasi alamat email secara manual (misal hanya dapat dilihat teman atau group tertentu), tampilan email di timeline akan tetap dirubah ke alamat email @facebook.com.

@facebook.com
Hanya tampilan email Facebook yg muncul di profil FB, padahal sebelumnya penulis menset 2 alamat email lain

Untuk memperbaiki ‘pemaksaan’ tersebut, pengguna Facebook dapat memunculkan kembali info email aslinya dengan mengunjungi halaman profil FB dan mengklik tombol About.

Setelah itu tekan tombol Edit, dan disebelah kanan dari alamat email klik tombol kedua dan pilih Shown on Timeline. Note: Bila perlu anda bisa juga menonaktifkan email FB dengan memilih Hidden from TImeline.