Home > Software > Chrome versi terbaru menyertakan opsi Do Not Track

Chrome versi terbaru menyertakan opsi Do Not Track

Google merilis versi terbaru browser Chrome 23 dengan opsi Do not track.

Do not track (DNT) akhirnya hadir di Google Chrome setelah sebelumnya semua penyedia browser besar lain seperti Firefox, IE, Safari dan Opera sudah terlebih dahulu mengimplementasikannya (sebelumnya para pengguna Chrome harus menggunakan plugin terpisah bila ingin mengaktifkan DNT).

Pilihan Do not track di Chrome secara default berada di posisi OFF dan harus diaktifkan secara manual melalui menu Settings (Privacy -> Send a ‘Do Not Track’ request with your browsing traffic). Hal ini berkebalikan dengan browser Internet Explorer 10 yang menset pilihan DNT tersebut ON.

Tindakan Google yang telat dalam implementasi dan lebih memilih OFF by default terbilang sangat wajar, ini karena Google sebagai perusahaan advertising sangat memerlukan data dan informasi penggunaan internet agar dapat menampilkan iklan yang relevan.

Protokol Do not track sendiri sampai saat ini masih menjadi perdebatan yang tidak berujung dan kurang efektif melindungi privasi user, hal ini disebabkan banyak webserver yg tidak mengindahkan permintaan DNT.