Home > Internet > Mempercepat loading blog atau website yg menggunakan WordPress

Mempercepat loading blog atau website yg menggunakan WordPress

Setelah mencari di Google rupanya sudah banyak tips dan trik untuk mempercepat loading blog WordPress, tapi sepertinya banyak yang sudah usang, dan tidak update lagi. Maka infoteknologi.com berkeputusan untuk menshare tips dan trik yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya

Cara mempercepat loading WordPress

1. Mengaktifkan kompresi GZip (http compression) di server

Cara ini berguna untuk meng-kompresi file yang dikirimkan ke pembaca blog sehingga pembaca akan menerima file yang lebih kecil, yang pada akhirnya akan meningkatkan kecepatan loading blog wordpress anda.

Untuk merubah setting kompresi GZip, anda harus sudah memiliki akses ke Cpanel website supaya bisa merubahnya sesuai kebutuhan.

Mengaktifkan fungsi gzip di websiteMengaktifkan http compression di Cpanel

Untuk setting di Cpanel masuk ke Software/Services lalu pilih Optimize Website.
Akan terbuka windows baru, setelah itu pilih Compress all content atau pilih Compress the specified MIME Types untuk meng-kompresi type file tertentu dengan memasukkan MIME type, contoh: text/html text/plain text/xml text/script text/css

2. Menggunakan Plugin WP Minify

Plugin Wp Minify berfungsi untuk menggabungkan file-file javascript, html dan css menjadi satu. Setelah itu file akan dikompress menjadi lebih kecil yang pada akhirnya mempercepat load blog WordPress anda.
Peningkatan performa akan sangat signifikan bila saat ini anda memasang theme yang memuat banyak javascript dan file css.
Penggunaan plugin ini lebih mudah dibandingkan cara pertama dan meskipun hampir memiliki tujuan yang sama dengan langkah sebelumnya (kompresi Gzip), penggunaan plugin ini tidak akan memiliki masalah bila dipakai secara bersamaan.

pengaturan plugin wpminify di blog wordpress

Setelah anda menginstallnya akan muncul opsi WP-Minify di menu Settings pada  halaman WP-admin.
Rubah setting Wp minify sesuai gambar diatas. Untuk men-download WP minify kunjungi situs http://wordpress.org/extend/plugins/wp-minify/

3. Menggunakan Plugin WP Super Cache

Plugin WP Super Cache berfungsi untuk membuat halaman static html dari blog wordpress anda, sehingga server anda tidak akan terbebani setiap kali meload halaman php yang membebani server. Sangat berguna bila traffic ke website anda sangat besar.

optimalkan wordpress dengan wp supercache

Setelah menginstallnya akan muncul menu WP Supercache di menu Settings pada  halaman WP-admin.
Untuk mendownload plugin WP Super Cache kunjungi situs http://wordpress.org/extend/plugins/wp-super-cache/

4. Setting leverage browser caching (cache expires) di htaccess

Pengaturan cache expires berguna supaya browser pengunjung blog tidak perlu lagi mendownload ulang setiap kali mereka mengunjungi situs anda, karena browser pengunjung akan meload file pada cache browser mereka untuk menampilkan blog anda di browser mereka.

Untuk mengubah setting cache expires di anda harus memiliki akses ke file .htaccess website (file .htaccess akan berada di root direktori wordpress). Tambahkan teks berikut di file htaccess anda untuk mengaktifkan cache expires:

pengaturan browser cache expires di htaccess

Setting .htaccess diatas mengatur supaya semua file tipe gambar (jpg, jpeg ,png, gif), javascript, dan icon akan disimpan di cache browser selama 1 minggu, sementara untuk tipe file lain selama 2 hari.
(Silahkan rubah setting htaccess diatas sesuai kebutuhan)

Tidak semua webserver mendukung mod_expires jadi sebagai pengaman infoteknologi.com mencantumkan line <If_Module mod_expires.c> , sehingga bila server anda tidak mendukung mod_expires perubahan htaccess tidak akan menyebabkan Internal server error 500 pada blog wordpress anda.

5. Disable atau delete plugins yang tak terpakai

Plugin yang aktif akan menggunakan resource server anda, pertimbangkan untuk menghapus plugin yang jarang atau tidak digunakan. Dan bila ada beberapa plugin memiliki fungsi sama, sebaiknya pakai salah satu kemudian hapus yang lain.

6. Menggunakan plugin Photon dari Jetpack WordPress

Plugin Photon bertindak sebagai CDN (content delivery network) yang otomatis mencache semua gambar di halaman blog ke server WordPress sehingga lebih cepat diakses dari manapun.

Gambar GTmetrix setelah tips optimasi wordpress dilakukan

Dari gambar diatas dapat kita lihat kecepatan loading situs infoteknologi.com hanya 2,31 detik dan memiliki rating A untuk Page Speed dan YSlow dengan menggunakan tool website GTmetrix.

13 komentar

  1. terima ksh, sy langsung praktekkan

  2. Alhamdullila mas, udah tak coba semua

  3. Wah…… tutorialnya membuat saya tertarik,jelas dan mudah difahami.

  4. tambah:
    – kompresi gambar (kurangi klo bisa)
    – minimalisir penggunaan javascript (sentimen pribadi sama “java” -_-‘)
    – jangan pasang iklan… hehehehehe… v(^.-)

  5. Kalau ada error dijelaskan pada langkah yang mana, dan error yang muncul itu apa, biar bisa diketahui masalah dan solusinya.

  6. Punyaku kok error yah menggunakan yang ini
    Setting leverage browser caching (cache expires) di htaccess

    ada solusi gak mas ?

    • Error seperti apa yang agan maksud ? apa website jadi tidak bisa dibuka ?

      Karena bila memang server tidak mendukung mod_expires perubahan htaccess tidak akan berfungsi.

  7. Saya udh instal plugin WP-Minify, tapi ketika plugin tsb mau di hapus kok ga bisa? Nah saya minta tutorial untuk menonaktifkan Wp-Minify.. Thanks

    • Kalau uninstall WP minify tidak bisa, error yang muncul apa ?

      Untuk uninstall plugin yang bermasalah di WordPress (tidak hanya wp-minify), deactive dulu plugin wp-minify lalu masuk ke FTP domain anda, lalu delete folder wp-content/plugins/wp-minify

      • justru setelah saya instal, plugin tsb tidak muncul di deretan plugin yg aktif, jd saya bingung mau nonaktifkannya gmn? atau langsung masuk ke FTP domain?

        • Kemungkinannya bung rama malah tidak pernah berhasil menginstall WP-Minify, coba cek lagi di bagian plugin di Tab "Inactive".

          Kalau tetap tidak ada, cek direktori domain yang sebelumnya sudah saya sebutkan, dan kalau ada didelete.