Blackberry Playbook mendukung applikasi Android
Home > Berita Teknologi > Blackberry Playbook mendukung applikasi Android

Blackberry Playbook mendukung applikasi Android

Sebelum Blackberry Playbook resmi diluncurkan banyak rumor yang beredar bahwa tablet terbaru RIM akan dapat menjalankan applikasi Android, rumor ini santer terdengar pada bulan Agustus 2010) dan hari ini (25 Maret 2011) RIM mengkonfirmasi hal tersebut melalui press releasenya dengan mengumumkan bahwa tablet terbaru Blackberry Playbook berbasis OS QNX mereka akan dapat menjalankan Android apps.

Meskipun tidak sepenuhnya identik, para developer Android hanya harus merepack dan mencoding ulang dan kemudian submit applikasi ke Blackberry Apps World sebelum applikasi android mereka dapat digunakan di Playbook.

Langkah ini memiliki keuntungan, yaitu RIM akan menghindari kemungkinan pelanggaran paten atas Android, dan porting applikasi android ke playbook oleh developer prosesnya tidak akan terlalu sulit dan juga gratis.

Berikut intisari press release RIM mengenai fitur Blackberry Playbook:

  • BlackBerry PlayBook akan support BlackBerry Java dan Android apps
  • Penambahan dukungan terhadap Native C/C++ development
  • Support HTML5, Adobe Flash and AIR
  • Support game engines: Ideaworks Labs (AirPlay) dan Unity Technologies (Unity 3)
  • BlackBerry PlayBook akan menjadi kesempatan mendapatkan penghasilan tambahan bagi para developer yang sebelumnya sudah menjual applikasi mereka di App World (25.000 applikasi) dan juga Android Market (lebih 200.000 applikasi)