Home > Berita Teknologi > Blackberry Made in Malaysia segera beredar di Asia

Blackberry Made in Malaysia segera beredar di Asia

Blackberry Made in Malaysia segera beredar di kawasan Asia setelah Research In Motion membangun pabrik baru di Kota Penang-Malaysia yang telah dibuka 1 Juli 2011.

Sebelumnya sudah ada 3 jenis handphone BlackBerry yaitu Made in Canada, Made in Hungary dan Made in Mexico, kini RIM menargetkan penurunan ongkos produksi dan distribusi di kawasan Asia dengan membuka pabrik di Malaysia.

Dany Bolduc Vice President RIM untuk Malaysia, Thailand dan Vietnam berujar:
“Untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan handphone BlackBerry di Asia dan seluruh dunia, kami sangat senang telah membuka pabrik di Malaysia. Kami terus berupaya untuk memperbaiki cara kita melayani pelanggan dan mitra kami, dan percaya bahwa memproduksi BlackBerry di Malaysia akan membantu kami mencapai tujuan tersebut”

handphone blackberry made in malaysia
Kiri ke kanan: David Jollimore, Senior Director of Global Manufacturing at RIM, Randolph Mank, High Commissioner of Canada to Malaysia, Dany Bolduc, Vice President of Malaysia at RIM, Douglas Bingeman, Trade Commissioner of Canadian High Commission, dan Zabidah Daud, Director of Malaysian Industrial Development Authority memegang BlackBerry Curve 3G

Pertanyaan yang muncul dibenak penulis adalah kenapa bukan China yang menjadi pabrik pembuat BlackBerry karena pasti ongkosnya lebih murah? Bahkan semua raksasa teknologi membuka pabriknya di China (contoh: Apple dan HP).

Atau kenapa tidak di Indonesia ? Yang benar saja, meski ongkos pekerjanya lebih murah tapi terlalu banyak ongkos lain-lain (retribusi, izin, jatah pejabat, dll) :)

Apakah pembuatan pabrik BlackBerry di Malaysia sebuah keputusan yang tepat ? Mungkin saja, karena terlepas pertentangan kita dengan Malaysia mereka memang memiliki teknologi yang lebih baik.

Blackberry Made in MalaysiaPembuatan BlackberryProses pembuatan Blackberry

Tapi dalam kasus ini kita lihat sisi baiknya saja, setidaknya mereka kini benar-benar dapat membuat sesuatu, tidak seperti saat mereka mengklaim batik, lagu rasa sayange dan reok adalah berasal dari Malaysia. :)

Jadi bila pembaca Info Teknologi membeli handphone BlackBerry diatas tanggal 1 juli, periksa di bagian belakang handphone BB di bawah baterai atau di sticker kardus, coba periksa apakah BlackBerry anda sudah ‘Made in Malaysia’ atau belum ? :) Sumber: Crackberry