Applikasi YouTube di iOS6 (iPhone, iPad, dll) akan dihilangkan
Home > Seluler & Gadget > Applikasi YouTube di iOS6 (iPhone, iPad, dll) akan dihilangkan

Applikasi YouTube di iOS6 (iPhone, iPad, dll) akan dihilangkan

Apple tidak akan menyertakan lagi secara default applikasi YouTube di iOS 6.

Setelah sebelumnya menyatakan tidak lagi memakai Google Maps sebagai layanan penyedia peta di iPad dan iPhone, kini Apple kembali memutuskan tali pertemanannya dengan layanan Google yg lain, yaitu YouTube.

Dikutip Info Teknologi dari Engadget, diberitakan versi terbaru dari iOS 6 tidak akan menyertakan applikasi YouTube dikarenakan lisensi Apple terhadap YouTube telah berakhir dan tidak diperpanjang lagi. Belum jelas alasan pasti kenapa keduanya (Google & Apple) tidak memperpanjang kerjasama tersebut, apakah karena dipicu persaingan iOS vs Android, ketidakmauan Apple membayar lisensi, ataupun alasan lain.

Tapi yang pasti para pemilik device dengan iOS 6 nantinya tidak perlu khawatir karena mereka tetap dapat mengakses video YouTube baik melalui Safari browser ataupun dengan cara mendownload applikasi standalone YouTube (sedang dibuat Google dan dalam waktu dekat akan tersedia di App Store).

Dan sebagai informasi, applikasi YouTube yg saat ini terinstall di iOS (iPhone, iPad) merupakan buatan Apple (bukan Google) dan terbilang memiliki banyak kelemahan serta minim fitur dibandingkan versi yg ada di Android.

YouTube app iOS 6

Jadi dengan Google mengambil alih pembuatan applikasi, maka mereka akhirnya bisa memasang iklan sebagai sumber pemasukan; dan disisi lain user juga diuntungkan dengan hadirnya fitur lebih banyak dan performa yang lebih baik dari sebelumnya.

Note: Absennya YouTube hanya akan terjadi untuk device yang terinstall / diupgrade ke iOS6, sementara untuk user yang masih berkutat di iOS 5 masih akan tetap memiliki applikasi tersebut. (image: 9to5mac)