Apa itu Planking ?
Home > Komunitas > Planking | Sejarah, Arti dan Foto

Planking | Sejarah, Arti dan Foto

Di komunitas internet (setidaknya diluar negeri) sedang ramai-ramainya istilah planking. Tapi banyak yang tidak mengerti Apa itu Planking ?

Planking ialah aktifitas di mana para pelakunya berbaring tengkurap dengan tangan sejajar dan dilakukan diatas objek yang unik, aneh ataupun berbahaya (lantai, bangku, meja, atau apapun) kemudian difoto dan diupload ke jejaring sosial (Twitter atau Facebook).

Asal mula Planking berasal dari Australia yang dikenal dengan nama Lying Down Game atau berpura-pura mati pada tahun 2006 yang dibuat oleh Gary Clarkson dan Christian Langdon asal Inggris dengan membuat group Facebook The lying down game

Foto Planking

Pada awal tahun 2011, namanya berubah menjadi “Planking” dan menjadi berita sensasional di Australia. Planking semakin terkenal setelah pemain Rugby Australia David “Wolfman” Williams mulai menggunakannya sebagai perayaan setelah mencetak gol. Sampai saat ini Planking memiliki lebih dari 472,000 likes (9 Juli 2011) di Facebook.

David William Planking Rugby match

Namun ada juga pendapat yang mengatakan sejarah Planking mulanya berasal dari masa perbudakan dimana planking merupakan cara untuk mengangkut budak dimana mereka dipaksa untuk berbaring tengkurap dengan tangan di sisi mereka dan pergelangan tangan dirantai ke pinggang.

Hal ini juga diamini oleh rapper Xzibit melalui akun Twitternya  (host Pimp My Ride)

Dalam melakukan Planking ada beberapa persyaratan umum :

  • Wajah harus selalu menghadap kebawah dan tanpa expresi selama melakukan “Plank”
  • Kaki harus tetap lurus dan tangan serta jari-jari selalu disamping
  • Dilakukan diatas objek yang tidak biasa, unik, kreatif
  • Meski dapat dilakukan dimana saja dan tanpa batasan, tapi bila Planking dilakukan di tempat umum / publik nilainya jauh lebih baik
  • Bila planking dilakukan di tempat berbahaya nilainya juga lebih baik

Beberapa artis yang pernah melakukan Planking diantaranya Justin Bieber, Chris Brown, Kate Perry, dan Demi Moore.

Justin Bieber Planking

‘Planking’ mungkin menyenangkan dan merupakan tantangan bagi sebagian orang, tapi banyak efek buruk dari Planking yang sudah terjadi seperti kecelakaan, kematian, dipecat karena melakukan planking dikantor, ataupun ditangkap polisi.

Di Indonesia sendiri setelah Info Teknologi amati tidak ada (sedikit) yang melakukan Planking. Tertarik mengikuti trend Planking dan mencobanya ?

3 komentar

  1. Klo boleh tau apa yah keuntungan’y melakukan planking ???

  2. A friend from Aust

    Di australia planking sudah memakan korban jiwa, dan officially dilarang Prime Minister. Saya sarankan artikel ini jangan menantang pembaca untuk mencoba. Touch wood, you’ll b surprised to see how fast the hype will spread across teenagers and ypu knpw what they’re like..

    • Menanyakan ke pembaca “apakah mereka tertarik melakukan planking?” saya kira bukanlah merupakan suatu tantangan ataupun ajakan.
      Apalagi kalimat pertanyaan itu muncul setelah saya menuliskan kerugian dan akibat negatif yang dapat timbul dari Planking di paragraf sebelumnya.

      So basically, the last two paragraphs of this article are even more likely to urge people not to do planking. And those paragraphs would have the same meaning as this following sentences:
      “Smoking is bad for your health because it can cause lung cancer, heart attack, stroke, etc. Do you still want to smoke ?”

      And if they still chose to do so, it’s their choice, but they have been warned.