Android 4.0 Ice Cream Sandwich dirilis, simak fitur utamanya disini
Home > Seluler & Gadget > Android 4.0 Ice Cream Sandwich resmi dirilis

Android 4.0 Ice Cream Sandwich resmi dirilis

Google akhirnya merilis OS Android 4.0 atau lebih dikenal dengan “Ice Cream Sandwich” bersamaan dengan dirilisnya handphone Samsung Galaxy Nexus di HongKong.

Android 4.0Android Ice Cream Sandwich akan menjadi OS pemersatu untuk handphone dan tablet Android, sehingga tidak akan lagi ada versi berbeda untuk tablet dan handphone.

Beberapa fitur utama yang hadir pada versi 4.0 antara lain fitur NFC yang diberi nama “Android Beam”, pencarian offline di Gmail, fitur unlocking layar dengan memakai wajah pengguna yang diberi nama “Face Unlock”, dan beberapa perubahan yang semakin mempermanis User interface.

Namun yang paling menarik dan juga agak aneh dari fitur terbaru Android 4.0 adalah ukuran resolusi layar standar (native) di Android 4.0 adalah 720p (High Definition). Agak aneh mengingat sangat sedikit hp Android yang memiliki resolusi tsb, apalagi kebanyakan tablet Android yang beredar di pasaran saat ini beresolusi 1280×800 atau berbeda 80 pixel dari ukuran native.

Fitur utama Android 4.0 :

  • Android Beam: Fitur berbasis NFC yang memungkinkan pengguna berbagi bermacam konten seperti musik, video, gambar, dll.
  • Roboto Font: Font baru di Android pengganti Droid Sans
  • Widget yang Flexible: Secara default widget di Ice Cream Sandwich dapat diubah ukurannya dan diklaim lebih responsif
  • Favorites Tray: Pengguna dapat memasukkan applikasi, link web, maupun folder kedalam tray favorit yang akan mempermudah dan mempercepat akses.
  • Screenshots: Mengambil screenshot tanpa menggunakan program khusus di Android, user cukup menekan tombol power dan volume bawah untuk mengambil screenshot layar.
  • Notifications: Notifikasi akan sangat mudah dan kustomasi akan ditingkatkan.
  • Improved Copy & Paste: Copy-paste teks semakin mudah.
  • Face Unlock: Unlock handphone Android hanya dengan mendekatkan wajah ke kamera depan hp.
  • Enhanced Talk-to-Text: Input suara lebih pintar, akurat, dan prosesnya semakin cepat.
  • Browser: Browser yang lebih cepat dibanding Android 2.3, mampu menyimpan konten situs secara offline, dan juga mampu melihat versi desktop dari suatu situs.
  • Gmail: Gmail di Android mampu menampilkan preview Gmail dalam 2 baris, dan juga kemampuan Gesture touch untuk berpindah antar email.
  • People App: Daftar kontak baru, dimana detail kontak dapat bersumber dari jejaring sosial seperti Google+, Facebook, Twitter, dll.
  • Data Usage: Kemampuan melihat penggunaan data dalam suatu periode tertentu, sekaligus kemampuan untuk melihat applikasi mana saja yang memakai data dan juga memberi limit penggunaan data.
  • Kamera: Banyak fitur ditambahkan seperti image stabilization, improved autofocus, integrasi dengan applikasi lain sehingga foto yang diambil dapat langsung diupload ke Google+, face detection, mode panorama & time lapse, dan kemampuan mengedit dan mempercantik foto secara on-the-fly.
  • Support Wi-Fi Direct and Bluetooth HDP — Sumber: Android developer

10 komentar

  1. Akhmad_albanjari

    processor yang paling bagus untuk tablet apa, bang?

  2. bang, bisa kasih info gak untuk update os vandroid T1, seharian browsing g nemu2 jg. heee.tks sblmx ( versi standar 2.2 pengennya sih upgrade ke 2.3 ginger bread

    • Kurang tau untuk update Android 2.3 di vandroid sepertinya memang tidak ada.
      Untuk vendor kecil, kemungkinan akan jarang / tidak pernah menyediakan update resmi.

  3. Bang Nico, apakah Samsung Galaxy Tab 7, yang standar OS nya Froyo bisa di-up grade ke Ice Cream Sandwich. Kalo bisa, up grade nya apakah harus di service center Samsung atau bisa di-upgrade sendiri. Kalo up-grade sendiri gimana caranaya?
    Terima kasih atas jawabannya.
    Salam Android….

    • Untuk saat ini belum ada update Ice Cream sandwich untuk Galaxy Tab,. Dan belum ada info apakah akan mendapat update ICS atau tidak.

  4. gw pengen beli hape android, tapi masih bingung pilih yang mana.
    budget max 3jt. kira2 bisa dapet apa ya? cari yang gingerbread ato nunggu aja udah icecream semua. lagi nunggu samsung galaxy w, tapi kok gak keluar2 di indonesia………
    ato cari yang dari huawei aja ya mas?

    • Budget 3 juta bisa dapet kok handphone Android yang kelas mid end sampai high end.
      Untuk model yang mana harus dipilih, mungkin bisa anda sebutkan yang menarik hati anda, nanti bisa saya coba bantu untuk memberi saran.

      Untuk Android Ice Cream, sepertinya butuh lebih dari 1 bulan untuk sampai dijual dipasaran.

  5. febryandpetrick

    bang, mau tanya nih.. apa ada syarat khusus update gingerbread ke ice cream ? misalnya ada minimal prosesor atau minimal ram dan memori internal gitu.. *kondisinya semisal samsung sudah merilis ice cream untuk penggunanya..

    • Secara teoritis, hampir semua hp yang dari awal sudah terinstall Android 2.3 gingerbread bisa diupgrade ke Android Ice cream sandwich (ICS).
      Tapi masalahnya apakah produsen hp mau merilisnya atau tidak? Karena dengan merilis update ICS untuk hp lama, bisa-bisa konsumen tidak jadi membeli handphone baru bersistem ICS buatan produsen tsb.