Adsense di Blog berbahasa Indonesia segera hadir
Home > Internet > Adsense di blog berbahasa Indonesia

Adsense di blog berbahasa Indonesia

Logo Google AdSense

Update: Google Adsense for Content sudah tersedia untuk website berbahasa Indonesia mulai 1 Februari 2012.

Google Adsense ibarat putri kerajaan dongeng bagi para penulis blog berbahasa Indonesia, selalu diimpikan tapi tidak kunjung datang. <– perumpamaan yang ngasal :)

Untuk mengisi kekosongan sudah banyak layanan PPC (Pay Per Click) lokal yang mencoba menggantikan peran AdSense, beberapa (dianggap) sukses namun beberapa mati suri.

Sampai saat ini situs Info Teknologi enggan memakai PPC lokal karena kebanyakan (semua) isi iklannya menyesatkan, menjual mimpi, atau malah ehemmm… jualan obat kuat.

“AdSense for Content” saat ini memang belum mendukung situs atau blog berbahasa Indonesia, meskipun kita masih banyak menemui website / blog yang memasang AdSense di website berbahasa Indonesia. Tapi tentu para blogger yang melakukan ini selalu dag-dig-dug, karena biasanya Google akan menbanned account AdSense saat nilai dollar hampir mencapai pembayaran minimum pertama (US$100).

Besar kemungkinan team Google baru memeriksa website saat user akan menerima pembayaran, ada orang lain yang melaporkan pelanggaran anda dan kadang ada juga yang jahil. Jadi usaha blogger mengumpulkan dollar terbilang percuma.

Ok, saya bisa menerima bila memang Google AdSense for content tidak bisa dipasang untuk blog Indonesia. Namun bila kita mengunjungi situs yang memasang Ad Sense pasti kita melihat banyak terpampang iklan gambar maupun iklan teks berbahasa Indonesia. Artinya sudah banyak perusahaan Indonesia yang beriklan menggunakan Google AdWord.

Penasaran dengan apa maunya Google dan ternyata AdSense Indonesia sudah memiliki akun Twitter resmi dengan nama @IDadsense, maka langsung saja saya tanyakan kapan AdSense akan hadir di Indonesia ?

Tak disangka, jawaban dari AdSense Indonesia membuat hati senang walaupun belum mendapat dollar. Karena jawaban “sedang dalam proses” dapat diartikan Adsense segera hadir untuk website / blog berbahasa Indonesia, namun untuk tepatnya kapan saya berharap mudah2an pada tahun ini.

Dan sampai saat itu tiba buat para teman blogger ayo terus buat konten yang menarik, terapkan SEO, dan pesan terakhir bagi blogger yang masih “memasang AdSense di blog berbahasa Indonesia” sebaiknya dihentikan saja untuk menghindari resiko dibanned.

4 komentar

  1. Semoga emang bakal direalisasikan . :D pengen pasang adsense tanpa ancaman banned.

  2. Akhir juli nanti ada info undangan dari google untuk para publisher di jakarta
    mungkin ditanggal tersebut akan lauching juga adsense untuk blog berbahasa indonesia
    semoga

    • Ya memang akan ada event yang digelar Google di Indonesia, kemungkinan besar memang akan diumumkan disitu.