Home > Internet > Adobe Flash for Android sudah tidak bisa di Download dari Google Play

Adobe Flash for Android sudah tidak bisa di Download dari Google Play

Adobe Flash for Android tidak lagi bisa didownload dari Google Play

adobe flashPada November tahun lalu Adobe memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan development Flash di perangkat mobile, dan hari ini adalah hari terakhir bagi pengguna Android untuk bisa mendownload / menginstall Adobe Flash for Android dari Google Play.

Dan setelah tanggal 15 Agustus, Adobe hanya menyediakan update terbatas untuk user yg sudah menginstall Flash.

Bagi pemilik Android yg belum menginstall dan masih ingin memakai Flash nantinya harus menginstall dengan cara lain ataupun menggunakan pilihan alternatif browser seperti Skyfire.

Sebagai informasi, tidak dikembangkannya lagi Adobe Flash untuk device mobile tidak lain berawal dari kegagalan Adobe untuk membujuk Apple menggunakan Flash di iPhone & iPad dimana Apple memilih menggunakan platform HTML5 karena alasan efisiensi baterai.

Di ranah desktop, nasib Adobe Flash juga terbilang diujung tanduk karena Windows 8 diberitakan hanya akan memberikan support Flash secara terbatas. Untungnya browser besar seperti Chrome, Firefox, dan Opera masih mendukung platform Flash dan sampai sekarang belum memiliki rencana untuk meninggalkan Flash.

Keputusan untuk masih men-support Flash terbilang sangat wajar, karena sampai saat ini masih banyak website maupun advertiser iklan yang dibuat dengan Flash. Apalagi platform pengganti HTML5 masih dinilai belum siap untuk langsung menggantikan peran Adobe Flash. (via TheVerge)