Home > Android > Android 4.3 mengatasi masalah Lagg pada Asus Nexus 7

Android 4.3 mengatasi masalah Lagg pada Asus Nexus 7

Kehadiran Android 4.3 Jelly Bean mampu mengatasi masalah Lagg pada Asus Nexus 7.

Pemilik Nexus 7 (1st gen) mayoritas mengalami pengalaman yang sama yaitu saat baru pertama kali membeli performa tablet terasa sangat cepat dan responsif. Namun seiring berjalannya waktu, dalam beberapa bulan tablet Nexus 7 mulai mengalami kendala seperti lagg, lambat dan tidak responsif.

Cara – cara mengatasi yg sering ditempuh pemiliknya untuk mengatasi masalah tersebut seperti menginstall custom ROM, custom kernel, menggunakan tools cleaner ataupun format ulang internal storage ternyata hanya mampu menyelesaikan masalah utk sementara saja.

Nexus 7 generasi pertama dan 2013

Ternyata akar masalah ini dikarenakan dari performa I/O (input output) media penyimpanan yang buruk dan juga sifat sistem Android yang memonitor data internal storage secara terus menerus meskipun data sudah dihapus.

Android 4.3 Jelly Bean yang diperkenalkan bersamaan dengan versi Nexus 7 generasi kedua hadir dengan fitur fstrim yang mampu mengatasi masalah tersebut. Dimana fungsi fstrim adalah menginstruksikan OS Android untuk hanya fokus memonitor data yg masih tersimpan saja dan tidak lagi memonitor konten yang sudah dihapus (applikasi, musik, film, dll).

Fstrim juga melakukan proses garbage collection secara otomatis (saat sedang dicharge atau saat kapasitas baterai lebih dari setengah) untuk me-maintain dan mencegah penurunan performa I/O di Internal Storage.

Fitur di Android 4.3 (fstrim) tidak hanya terbatas meningkatkan performa Nexus 7 (generasi pertama & kedua) saja, tapi nantinya juga dapat mempercepat performa tablet atau handphone lain yang mengalami masalah manajemen data.