Setting Windows Virtual PC & XP Mode di Windows 7

Baru-baru ini perusahaan tempat penulis bekerja akan mengupgrade program ERP (Infor SL 8.01), setelah server telah dibeli ternyata program ERP membutuhkan Operating System minimal Windows Server 2003 atau Windows Server 2008.

Karena itu saya berpikir menjadikan Laptop sebagai test server, tapi saya dihadapkan pilihan untuk menghapus salah satu OS di Laptop (Ubuntu 9.10, Windows XP, atau Windows 7) karena tidak tersedia lagi partisi harddisk kosong.

Pusing memikirkan bahwa saya harus menginstal kembali program-program di OS yang saya hapus, maka saya berpaling untuk menginstall Virtual PC. Namun saat akan men-”download Virtual PC 2007″ saya mengingat bahwa Windows 7 memiliki Windows Virtual PC yang mensyaratkan prosessor sudah mendukung AMD-V atau Intel-VT, sementara prosessor  di Laptop tidak memiliki fitur tersebut (Intel T4200).

Untungnya setelah membaca artikel di situs Microsoft, telah terdapat patch yang membuat Windows Virtual PC dapat dijalankan di prosessor yang tidak memiliki fitur Intel-VT.

Install Windows Server 2003 di Virtual PC

Hal ini tentu membuat prosesor laptop saya dapat digunakan untuk menginstall Windows VPC, yang akhirnya  membuat saya tidak jadi mendownload Virtual PC 2007 dan akhirnya beralih mendownload Windows Virtual PC.

Alas, setelah selelesai didownload ternyata OS yang didukung VPC hanya Windows XP, Vista dan Win7. Tapi karena sudah terlanjur, akhirnya tetap dipaksakan untuk menginstall Windows Server 2003 dan untungnya OS dapat tetap dijalankan.

Cara Setting Windows Virtual PC dan XP Mode :

  • Buat terlebih dahulu OS anda dengan cara Start Menu > Windows Virtual PC > Create virtual Machine atau Download Windows XP SP3 dari situs Virtual PC Microsoft.
  • Beri nama Virtual machine dan tentukan lokasi penyimpanan file Virtual machine

Tutorial install Virtual PC di Windows 7

  • Setting ukuran RAM yang akan dialokasikan ke VPC dan pilih “Use computer network connections” supaya VPC dapat mengakses internet ataupun jaringan LAN. Tekan Next.

Setting Memory Virtual PC

  • Buat virtual hard disk, beri nama dan tentukan lokasi penyimpanannya. Tekan tombol Create.

Setting harddisk di Virtual PC

  • Jalankan Virtual Machine yang baru dibuat, tetapi pastikan dahulu CD Windows sudah dimasukkan supaya  proses instalasi VPC dapat dimulai.
  • Bila sudah selesai maka komputer anda sudah bisa menjalankan Microsoft Virtual PC terlepas apapun prosesor yang terinstall di komputer.

Screenshot Virtual PC di Windows 7 Info Teknologi juga sudah menginstall XP Mode dilaptop dan dapat mengkonfirmasi bahwa fitur “XP Mode” dapat dijalankan meskipun prosessor tidak support. Dan berdasarkan informasi dari Microsoft perbedaan kecepatan saat menjalankan Microsoft Virtual PC dengan atau tanpa prosessor berfitur AMD-V / Intel-VT tidak akan berbeda jauh.

Keunggulan Microsoft Virtual PC dibanding Virtual PC 2007 :

  • Share resource dan devices (printer, audio, clipboard, smart card) antara OS Virtual dan Host OS.
  • Disket, perangkat USB, CD/DVD Rom dapat dideteksi di Operating System Virtual.
  • Total 2 x ukuran RAM video dari Virtual PC 2007 (dari 8 MB menjadi 16 MB)
  • Fungsi Autorun saat Windows baru dijalankan
  • Program-program yang ada pada OS Virtual dapat dijalankan langsung dari Windows 7 (Remote App), sehingga tampilan layar program akan terbuka di Windows 7 bukan di OS Virtual (OS tertentu yg didukung). Untuk penjelasan lebih lanjut bisa lihat di artikel Setting RemoteApp / Seamless Aplication Di Windows 7 Virtual PC

Comments

  1. Frandry82 says:

    Gan mau tanya kalo dari OS mac mau dibuat windows VPC bisa nga ya? file apa yg mesti di download nich? untuk windows nya saya punya win XP pro ori dan win7 pro ori juga… mohon pencerahan nya…
    Thanks

  2. Boylani24 says:

    tahap pertama gua udah download, tapi gk bisa di instal ?? :(
    saya pakek windows 7 ultimate 64 bit, ram saya 4GB, procesor saya AMD.
    apa yang salah gan ? not appicable yang keluar.

  3. jafar says:

    gan gw minta tolong info nya ..
    knpa y di laptop ku windows 7 g bisa di baca autocad setalah diinstal

    • Program autacad-nya sudah berhasil diinstall? Kalau sudah, kemungkinan file autocad yang coba anda buka telah rusak (corrupt).

  4. cecep deni w says:

    gan mau nannya nih,,, gimana cara meng uninstal windows virtual pc nya..

  5. saya sudah berhasil install wvpc,dan berhasil menginstall win xp dan juga ubuntu di vpc.win xp ketika di integrasi kan ko minta password dan salah terus.jadi password yang mana yang harus dimasukan??

    • Kalau tidak salah ingat itu password administrator di windows XP.

      • ko admin win xp? maaf ane belum ngerti nih, ane install vpc di win7,terus vpc nya di install win xp.,ketika mau “enable integration” supaya hardisk win7 bisa dibuka di vpc, malah minta password,sudah dicoba password win7 ga bisa,padahal ketika install vpc ga pake password apapun, :need help:

  6. maaf,ikut nanya,dulu virtual pc saya bisa diinstal pake os ketika saya pake win xp.sekarang saya pake win 7,virtual pc nya ga bisa diinstall os.kenapa ya?ada solusi?
    virtual pc yang versi 2007,terima kasih

    • Dahulu saya bisa install Virtual pc 2007 di Windows 7 dan tidak ada masalah.
      Saat agan install ada error / notifikasi yang muncul ?

      • ga ada pesan error atau apapun.software virtual pc nya bisa dibuka,terus saya capture iso image,dan memprose seperti mau nginstall,malahan udah sampe ke loading file,tapi pas nyampe “setup is starting windows” lama banget,ga mulai2 nginstallnya

        • Hmm aneh padahal saya dulu baik-2 saja install pakai VPC 2007.
          Kalau begitu coba saja pakai Windows VPC yang ada didalam artikel, seharusnya itu lebih stabil di Windows 7.

  7. mas, sya udh instal Win7 n XP SP3 nih.. trus bwt gunain Windows Virtual PC gmn nih..? mf mas soal ny sya blum trlalu ngerti dgn Windows Virtual PC ny.. :D

    • Itu installnya bukan duala boot kan? Karena maksud virtual pc disini adalah anda menginstall XP sp3 di dalam Windows 7 (dengan menggunakan link yang ada diartikel).

  8. boss ane kan udh donlot virtual pc di laptop ane pke win 7 ultimate 64 bit. trus skrg ane mw jalanin software etap 7 pake virtual pc itu gmn caranya? langkah2 biar itu software etap berjalan dgn mode win xp tu gmn?

    • Gampang setelah xp mode terinstall, anda cukup masuk ke XP, setelah itu install applikasi yg bersangkutan.
      Nanti anda bisa buat launchernya langsung di Windows 7.

  9. kok nggak bisa pke win7 home premium 64bit ya… ditolak sm microsoft

  10. Mau tanya nih.. Saya udah berhasil buat VPC XP di windows 7 home premium dan sudah jalan. Cuma untuk puter film dari link html kok gak jalan ya?? Klo di PC dengan OS XP (bukan via VPC) bisa jalan. Mungkin scriptnya musti diubah kali ya… mohon pencerahannya… Berikut contoh script yang saya buat di xx.htm :

  11. mas mau nanya. Kalo integration featurenya dihidupkan, untuk log On-nya itu masih menggunakan pasword dan username. Nah pasword dan usernamenya itu yang mana? kok aku salah terus? trims…

  12. gan gimana cara menambah drive D di xp mode?

    • Maksudnya ? Bukannya drive yang ada di server (komputer) akan otomatis tertera (muncul) di Windows Explorer XP mode.

      • kalo drive yg di server komp emang otomatis tertera..
        maksudnya kan di xp mode itu cuma ada drive c nya aja, nah bagaimana membagi partisi di xp mode, sehingga di xp mode akan ada 2 drive c dan d?
        maaf gan ngrepotin…

        • Cara menambahkan drive di Virtual PC:
          - Klik kanan XP Mode kemudian pilih Setting
          - Pilih Hard Disk 2 lalu pilih Create
          - Ok

          Pastikan Virtual PC dalam keadaan Shutdown supaya settingnya dapat dirubah.

  13. kalo VPC uda diinstal terus kita mw ngerubah ukuran ramnya setalah VPC terinstal gimana?

    apa VPC harus duninstal dlu?sy g paham caaranya,,cz installed file VPC ada di system32..

    • Bisa, tapi VPC harus dalam kondisi shutdown (bukan hibernasi), setelah itu rubah setting RAMnya sesuai kebutuhan anda.

  14. Taufiq_nbc says:

    >sya udah istall virtualnya,terus pas sya masuk ke virtual machine malah kosong g da apa2…ndak muncul jendela kaya tutor di atas.tlong gmn solusinya ???thnx…..

  15. @Bty: Wah maaf agan Bty saya lupa memberi keterangan di atas, karena file tersebut hanya khusus untuk windows 7 yang 32-bit.Untuk yang 64bit dan versi lainnya bisa langsung ke website http://www.microsoft.com/windows/virtual-pc/download.aspx
    Tapi pastikan Windows7 anda adalah asli untuk mendownload dari situs ini. Thx.

  16. @valiant: Pada dasarnya saat anda menginstall Virtual PC dibutuhkan juga lisensi OS tersebut, prinsipnya sama seperti menginstall di komputer kosong.Bila memang terkendala aktivasi, untuk OS WindowsXP banyak program/applikasi yg beredar di internet untuk menbypass aktivasi tersebut dan cukup anda jalankan didalam Virtual PC.(tidak saya rekomendasikan)

  17. >bang saya sudah install, sudah sukses tapi windows hanya bertahan 30 hari, sekarang sudah expired, tidak bisa masuk kl tanpa aktivasi, sudah coba change product key tidak berhasil, coba masuk lewat safe mode tidak bisa, coba ganti regeditnya trus ganti key juga tak isa, ada saran bang?makasih sebelumnya

  18. >Tolong dong. Saya udah download setelah download File Windows6.1-KB958559-x86 dan Windows6.1-KB977206-x86, Saya instal di windows 7 64bit tetapi muncul pesan seperti ini.The update is not applicable to your computer.Jadi bagaimana cara mengatasinya?

  19. @loekmansungkar: Hanya bisa satu arah saja gan, jadi tidak bisa menjalankan program Win7 dari Virtual PC.Setelah Install XP SP3 virtual di Win7, perlu ada setting tambahan(driver, dll), supaya bisa menggunakan XPMode.

  20. >gan, kalo aplikasi yang kita install di win 7 nya bisa dijalanin dari virtual pc nya nggak ?terus abis install xp nya, perlu install driver lagi gak ?thanks ya gan..

  21. >@last_blog Kalau ingin dihapus, masuk saja ke Start menu > Windows Virtual PCKlik kanan nama Virtual machine yang anda punya (XP) lalu pilih setting.Di bagian harddisk 1,2 dan 3 lihat lokasi folder file(.vhd) tersebut dan catat. Lalu delete file tersebut secara manual (melalui Windows Explorer, anda juga bisa mendelete file dengan ektensi .vsv dan .vmc di folder tersebut.

  22. >saya udah instal windows virtual pc sekaligus cd windows xp nya..!bagaimana jika kita ingin menghapus windows xp yg tlah terinstall di komputer kita…? mohon jawabannya..!

  23. >Untuk menjawab pertanyaan anda, saya sudah membuat post baru mengenai hal itu, bisa dilihat di http://nico-yan.blogspot.com/2010/06/mengaktifkan

  24. >Program-program yang ada pada OS Virtual bisa dijalankan langsung dari Windows 7, sehingga program terbuka di Windows 7 bukan di OS Virtual (OS tertentu yang didukung)Caranya bagaimana mas? saya sudah install XP di virtual PC lalu sudah saya install autocad 2006. Bagaimana caranya membuaka autocad tersebut di win 7 ?

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)