Cara memutar file video di Windows XP, Vista, 7 dan 8 (MKV, FLV, 3GP, RMVB, dll)

Pemutar Multimedia di Windows (Media Player) sudah mampu memainkan file video popular seperti AVI, MP4, MPEG dan lainnya. Namun beberapa file video seperti MKV, FLV (video YouTube), 3GP (dari handphone) tidak bisa diputar tanpa codec tambahan.

Atau anda mendapati file MP4 (H.264) yang hanya keluar suaranya saja sementara gambarnya tidak muncul (serta extensi file seperti rmvb, xvid, ogg, webm atau file audio FLAC, ogg, mod, alac yg tidak bisa diputar). Cara memutar file video tersebut di Windows agar dapat ditonton adalah dgn menginstall codec video bernama Shark007.

Ada juga alternatif lain seperti K-Lite, tapi Info Teknologi lebih memilih menggunakan applikasi Shark007 karena kemudahan dalam proses installasi, dan tetap menggunakan media player sebagai video player default.

Cara memutar file FLV – MKV – RMVB – 3GP dan format video / audio lain:

1. Download Shark007 dari link berikut dan pilih (klik) sesuai OS: XP / Vista, Windows 7 atau Windows 8.

2. Install applikasi yang baru saja anda download kemudian buka Setting applikasi dari Start Menu -> Shark007 Codecs -> Setting Application

3. Klik / centang kotak dengan tulisan “Shark007 SUGGESTED Settings” supaya applikasi men-setting otomatis codec video yang digunakan(direkomendasikan).

Cara memutar file mkv flv 3gp video

4. Anda bisa juga merubah setting codec yang digunakan secara manual untuk masing-masing tipe file multimedia. Jangan lupa untuk mengklik tab Help -> Windows Filetype Associations bila setting dilakukan secara manual.

Setelah semua proses diatas berhasil maka Windows Media Player akan dapat memutar file video MKV, FLV, RMVB, 3GP, MP4 serta extensi file multimedia lain dengan sempurna. Fitur tambahan lainnya adalah menampilkan subtitle video (SRT) dan juga thumbnail video di Windows Explorer.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)