Cara membuat tema di Windows 7

Membuat tema sendiri di Windows 7 (theme pack) sangat mudah, cukup persiapkan wallpaper yang sesuai dengan ukuran layar monitor, beberapa icon, dan juga file suara.

Setelah mengikuti tutorial ini anda akan memiliki file extensi .themepack yang bisa diinstall di komputer lain dengan OS Windows 7.

Tutorial cara membuat tema di Windows 7:

  • Pertama-tama masuk ke Control Panel > Personalization, atau anda bisa klik kanan desktop kemudian pilih personalize. Di Windows Personalization akan ditampilkan tema yang telah terinstall di Windows 7 anda.

Cara membuat tema sendiri di Windows 7

  • Klik Desktop Background untuk mengganti / memilih wallpaper dari tema yang kita buat.

Rubah desktop background di tema Win7

Klik tombol Browse dibagian Picture Location, kemudian navigasikan ke folder tempat anda menyimpan gambar wallpaper anda. (Satukan semua wallpaper didalam satu folder).
Untuk memilih semua gambar klik tombol Select All, bila sudah selesai dipilih simpan dengan menekan tombol Save changes.

  • Klik Window Color untuk mengganti warna taskbar, window border dan start menu.

Ganti warna taskbar dan border windows 7

Pilih warna dari pilihan warna yang sudah ada atau customize warna dengan merubah intensitas warna dan pencampur warna (color mixer). Simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.

  • Kembali ke window Personalization, pilih Change Desktop Icons untuk mengubah ikon desktop dan Change mouse pointers untuk mengganti pointer mouse.

Merubah icon Windows7Kustomasikan kursor mouse di Windows 7

Pastikan anda mengklik kotak “Allow themes to change desktop icons”.

  • Anda juga bisa menambahkan suara dan screen saver di tema dengan mengklik Sounds dan Screen Saver dibagian bawah Personalization.
  • Setelah selesai membuat tema sesuai keinginan, anda akan menyadari di urutan pertama terdapat tema dengan nama Unsaved Theme.

Simpan tema Windows 7 ke file .themepack

  • Klik kanan tema tersebut, pilih Save theme untuk menyimpan tema di komputer atau pilih Save theme for sharing untuk membuat file .themepack yang dapat dipindahkan / diinstall ke komputer Windows 7 lain.

Simpan tema di komputer sendiri

Kotak di atas akan muncul bila anda memilih save theme di komputer

Buat file themepack di windows7

Pilih lokasi dimana file themepack disimpan dan beri dengan nama yang sesuai dengan isi “Tema Windows 7″.

Tema Windows 7 selesai dibuat, dan anda bisa mendistribusikan file .themepack tersebut ke komputer Windows 7 lain ataupun membagikannya ke teman.

Namun bila anda tidak mau repot membuat tema sendiri, anda bisa melihat kumpulan theme pack Windows 7 yang sudah disediakan dan dapat didownload gratis di Windows 7 Theme

Comments

  1. Aldi Leo says:

    kk itu kok windows color nya gak bisa di ganti.
    itu kenapa yah??

    • Apakah di komputer anda tidak terlihat pilihan Windows Color di Control PanelAll Control Panel ItemsPersonalizationWindow Color and Appearance?

      Pakai windows versi apa (ultimate, home, starter)?

  2. Valencya_zhen says:

    kok saya tidak bisa yah bikin tema nah.coalny saya pake netbook NB 520,ko2 gmn cara nah yah buat tema nah,tolong bantu donk,thx ko2

    • Cek versi Windows 7 yang anda pakai, karena biasanya netbook hanya terinstall dengan Win 7 versi Starter yg tidak mendukung pemakaian tema.

  3. Cara yang ada di artikel akan merubah login page saat anda pertama kali start up komputer anda.

  4. Andhy_jeparas says:

    mau tanya ne gan,,,lo mau mengubah bentik start menu dan menu bar itu gimana carannya biar berubah keseluruhan bukan hanya yang berubah itu wallpapernya dan cuma sedikit perubahan,,,terimakasih

    • Bisa saja memakai program 3rd party (namanya lupa), tapi tidak saya rekomendasikan karena berpotensi membuat sistem tidak stabil

  5. demas aji says:

    saya mau tanya ni……
    apakah membuat tema windows 7 harus ada koneksi ke jaringan internet????

  6. yang pake wind starter pake software tmbahan personalize, tpi cari yang asli bawaan wind ultimate biar gampang

  7. Pakai Windows 7 versi apa? Karena kalau pakai Win 7 Starter memang tidak mendukung.

  8. it ma udah k…cuman skarang yg buat aku jadi bingung itu warna taskbarnya sudah tidak bisa di ganti lagi dengan semau kita…..jd caranya gimana yah k??mohon bantuannya k???

  9. Achmad Ilham says:

    kl tema yang bener – bener manual ada g kk?
    cz kn kl yg ni, lwat system windows.
    jd tinggal edit..
    mohon bantuannya y kk..

    jgn lupa kunjungi kecebong-hanyut.blogspot.com y..
    tengkyu..

  10. makasih sob,,,, w ga nyangka ternyata gampang banget ya caranya…. ane kira harus pake sofwer buat bikin themesnya….. thx sob

  11. mau tnya neh,,kok di control panel window7 aku ga ada personalization??
    gmn yaa??

    • Kemungkinan besar anda memakai versi Windows 7 Starter yang tidak mendukung Personalization. Harus upgrade dulu windows ke versi diatasnya.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)