Home > Android > Galaxy Tab 3 10″ ternyata ditenagai oleh prosesor Intel

Galaxy Tab 3 10″ ternyata ditenagai oleh prosesor Intel

Samsung Galaxy Tab 3 berukuran 10″ ternyata ditenagai oleh Intel Clover Trail+.

Samsung kemarin telah mengumumkan Galaxy Tab 3 – 8″ dan 10″ lengkap dengan spesifikasinya, namun yang tidak diungkapkan oleh produsen asal Korea Selatan tersebut adalah tipe prosesor yang digunakan dari kedua tablet Android tersebut.

Dan berdasarkan klaim Intel, ternyata Galaxy Tab 3 10″ menggunakan prosesor Z2560 Clover Trail+ buatan Intel, dimana hal ini membuat GalTab 3 menjadi Tablet Android Samsung bertenagakan Intel pertama yg diharapkan bisa mengejar ketertinggalan Intel dari para pesaingnya.

Spesifikasi prosesor Intel yang digunakan adalah SoC (System on Chip) Z2560 dual core 1.6Ghz, GPU SGX 544MP2 yang berjalan di kecepatan 400Mhz dan chip radio XM6262 (3G) / XMM 7160 (LTE).

Meskipun banyak yg meragukan kinerja dan ketahanan baterai prosesor Intel di Android, namun Intel mengklaim prosesor Z2560 memiliki performa dua kali lipat baik, kinerja grafik 3x lipat lebih baik dan performa baterai yang lebih baik dari versi awal prosesor Atom yang didesain untuk Android.

Prosesor Intel hanya digunakan di Tablet Galaxy Tab 3 berukuran 10″ saja, sementara untuk ukuran Galaxy Tab 3 7″ dan 8″ masih menggunakan prosesor yang didesain oleh Samsung.