Blackberry Swiss Army Knife applikasi wajib pengguna Blackberry

Blackberry Swiss Army KnifeBlackberry Swiss Army Knife (BBSAK) merupakan tool yg sangat mumpuni baik pemakai Blackberry pemula, menengah sampai dengan mahir untuk mengutak-atik Operating System dan applikasi BB.

Dengan BBSAK anda bisa membackup applikasi, menghapus OS di BB untuk downgrade ataupun clean install, mengambil screenshot, menghapus IT Policy dan merupakan tool yang digunakan para master untuk membuat Hybrid OS di Blackberry.

Fitur dalam Blackberry Swiss Army Knife sangatlah kaya dan memiliki fungsi yang lebih banyak dibanding applikasi Blackberry Desktop Manager, namun sangat disarankan untuk berhati-hati menggunakannya karena kesalahan pengoperasian dapat membuat BB anda tidak berfungsi.

Fitur Blackberry Swiss Army Knife

Tab Backup/Restore

Backup dan Restore di BBSAK

  • Backup dan restore applikasi pihak ketiga (3rd Party): BBSAK mampu membackup applikasi dari pihak ketiga (bukan buatan RIM) dan applikasi lain buatan RIM seperti Twitter dan Facebook. Untuk membackup applikasi di BB, masuk ke tab Backup/Restore dan pilih Backup untuk membackup dan Restore untuk mengembalikan ke handphone Blackberry anda.
  • Wipe Device : Sangat berguna apabila anda ingin mengupgrade / downgrade Blackberry dengan keadaan kosong. Dengan Wipe maka OS BB akan dihapus dan menampilkan screen “507 error”. Pastikan anda membackup BB anda sebelum melakukan Wipe device.
  • Load OS : Fungsi ini memungkinkan anda menginstall, mengupgrade ataupun downgrade OS Blackberry. Fungsi ini sama persis saat anda update menggunakan AppLoader
  • Membaca System di Blackberry : Read System memungkinkan anda melihat COD (applikasi) yang terinstall di Blackberry dengan menampilkan list nama, ukuran dan versi.

Tab Modify COD

Blackberry Swiss Army Knife - Modify COD

  • Install COD : Memungkinkan kita menginstall installer COD dari komputer ke Blackberry. Untuk menggunakannya klik tombol Install COD(s) kemudian pilih direktori dimana file COD anda berada. (Note: Applikasi yang diinstall dengan cara ini tidak akan muncul di menu Applikasi BB.
  • Menyimpan applikasiSave COD(s) memungkinkan user menyimpan applikasi COD dari Blackberry ke komputer. Untuk menggunakannya gunakan fungsi Read System, pilih nama COD kemudian klik tombol Save COD(s). (Backup COD akan berlokasi di folder BBSAK/CODS)
  • Menghapus ApplikasiRemove COD(s) digunakan untuk menghapus COD. Caranya dengan menggunakan Read System kemudian pilih applikasi lalu klik tombol Remove COD(s).
  • Install JAD dan JAD Maker : Tombol Install JAD digunakan untuk menginstall JAD file, sementara JAD maker sesuai nama berfungsi membuat file JAD dari file COD.

Miscellaneous Tab

Ambil Screenshot Layar Blackberry
  • Mengambil Screenshot layar Blackberry : Mengambil tampilan layar (screenshot) Blackberry langsung dari komputer.
  • Dump Phone : Fungsi bagi para pembuat OS Hybrid yang gunanya menyimpan semua file COD Blackberry ke komputer. (disimpan di Folder BBSAK/Dump)
  • Read/Clear Event Log : Save log event ke komputer dan untuk menghapus log event di Blackberry.
  • Delete IT Policy (Factory Reset) : Fungsi Factory Reset digunakan untuk “menghapus IT Policy di Blackberry” yang biasanya diset melalui Server BES.

Download Blackberry Swiss Army Knife BBSAK di http://bbsak.org/download.php

Comments

  1. adhen says:

    gmn cara mengatasi (diperlukkan aktifasi) pada BB tour 9630…

  2. rieky says:

    Mas, sy sdh upgrade OS BBZ10 sy menjadi 10.2.1.2102 (STL100-2). Tapi batereinya kok jd boros skali ya.. meskipun network sy pindahkan ke wifi seamless pun battere msh tetap boros. Ada saran kah?

  3. Saya minta bantuan mas nico hp bb onix saya ngebleng putih dan awalnya muncul tulisan error 315 reload software for further information please visit www. blackberry.com /315. sekarang hanya ngebleng putih aja tidak ada lagi bacaan tersebut dan hp terus ngebleng cara mengatasinya gimana mas nico terima kasih yah

  4. drajat says:

    Build in media storage bermasalah kenapa boss

  5. queenbee says:

    om sy install jad kok ga nempel d device y?pdhl uda succesfully gt. Harus ad cod atau gmn?

    • Untuk install jad di blackberry apakah anda memiliki file jar-nya di direktori yg sama?

      • budi bojonegoro says:

        bung mau tanya.. kenappa bb saya saat pertama saya tancapin batrai,loading’nya gak sampai selesai malahan saat loading petama muncul tanda batrai silang, padahal bung batrainya itu penuh 100%

  6. Thetelolis says:

    gan mau nanya ni 8520 ane gk bisa di ufgrede….. muncul tulisan aplikasi loader tidak dapat menghubungkan keperangkat anda????

    • Upgradenya pakai Desktop manager atau dari loader langsung? Kemudian apakah BB anda terdeteksi di komputer / DM?

  7. aNdy Sutiawan says:

    kenapa tdak bisa di wipe yaa kl di windows 7
    ada yg bisa jelasin

  8. Mas, BBq sering hang tiba2…layar jadi putih bisa normal klo di charge lagi.
    cara ngatasin pake BBSAK ini gmn ya mas….
    mohon petunjuk.

  9. sprint emg bs pake ##000000?

    • Kode ##000000 di Blackberry hanya untuk aktivasi / merubah nomor handphone anda yang tertera di BB.
      Kode diatas juga hanya tersedia di versi BB lama seperti Storm dan storm 2

  10. yasmara says:

    om,
    klo BB bold ku kena kasus “White Screen of Death”, caranya gmn nyembuhinnya pake BBSAK ini…mohon petujuk.

    Salam

  11. cara aman pengoperasionalan BBSAK gmn ya?katanya klo salah pengoperasionalannya BB bs tdk berfungsi,trims

    • Intinya sebelum menggunakan BBSAL harus diketahui dulu kegunaan setiap tombol fungsinya.
      Misalnya melakukan Wipe OS akan menghapus system Blackberry dan tidak bisa digunakan, jadi sebelum me-wipe, anda harus sudah mempersiapkan semuanya (firmare pengganti dan lain-lain). Contoh lain adalah bila anda melakukan delete COD / applikasi secara sembarang yang akan membuat BB hang.

      Intinya, ketidaktahuan akan BBSAK lah yang sebenarnya berbahaya.

  12. Please advice,
    Saya menggunakan BB torch 9800 dikirim dari Newyork,setelah saya pakai ternyata saya tidak bisa install facebook dan twiter.Selalu muncul “Not allowed open 3rd party,locked by IT policy”
    Bagaimana saya bisa mendelet IT policy?
    Terima kasih sebelumnya.

    Naoval

  13. chulnul mubarok says:

    cara mengatasi activation required di bb9630 sprint gimana ya
    mohon solusinya, trims

    • Sepertinya anda membeli blackberry BM yang dilocked oleh operator luar (sprint). Satu-satunya cara untuk menghilangkannya harus memasukkan kode aktivasi dari operator.

      Tapi bila memang BB sprint anda sudah diunlocked, anda tinggal mengetikkan # # 000000 kemudian pilih Send.
      Akan muncul menu, masukkan nomor telepon anda lalu pilih Save. (telepon akan restart).

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)