Samsung Galaxy Tab dan Galaxy S tidak akan mendapat update Android Ice Cream Sandwich

Pengguna tablet Samsung Galaxy Tab dan handphone Galaxy S harus gigit jari setelah Samsung melalui blognya Samsung Tomorrow (bahasa korea) mengumumkan bahwa mereka tidak akan merilis update Android Ice Cream Sandwich (ICS) untuk kedua device Android tersebut.

Dilihat dari spesifikasi hardware, keduanya bisa dibilang sangat mampu untuk menjalankan Android Ice Cream Sandwich, apalagi fakta bahwa Nexus S buatan Google yg memiliki spesifikasi sama dengan Galaxy S sudah mendapatkan update ICS.

Lalu apa alasannya ? Ternyata biang keladinya adalah fitur TouchWiz User interface serta fitur lain seperti widget dan video call yg tertanam secara default dikedua tablet tersebut (crapware).

Tablet galaxy tabHandphone Samsung

Samsung berkilah bahwa Android ICS tidak bisa diinstall berdampingan dengan TouchWiz karena keterbatasan RAM dan ROM yang bila dipaksakan akan mengurangi user experience dari penggunanya.

Mengingat umur Galaxy Tab & Galaxy S yang baru sekitar 1 tahun dan keduanya masih beredar dipasaran. Ditambah fakta bahwa Galaxy S merupakan handphone terlaris buatan Samsung dengan penjualan melebihi 10 juta, serta Galaxy Tab yg merupakan tablet tersukses kedua setelah iPad akan membuat banyak penggunanya patah hati dan kecewa terhadap Samsung.

Dari sisi Samsung mereka memang tidak berkewajiban untuk melakukan update Android terbaru di device yg sudah terjual karena tidak akan menambah pemasukan lagi dan akan menambah pengeluaran mereka untuk research & development.

Namun bila terus menempuh cara tersebut maka Samsung tidak akan pernah mendapatkan kesetiaan dari konsumen dan mendapatkan massa fanatik (fanboy) seperti yang Apple miliki saat ini.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)