Home > Berita Teknologi > Microsoft akan membuat smartphone Windows Phone 8 dengan merek sendiri

Microsoft akan membuat smartphone Windows Phone 8 dengan merek sendiri

Microsoft dikabarkan sedang membuat smartphone Windows Phone 8 yg akan bersaing head-to-head dengan Nokia dan vendor handphone lain.

Microsoft sepertinya ingin mengikuti jejak Apple yang ingin membuat OS serta memproduksi smartphone dengan merknya sendiri dan mendapatkan keuntungan milyaran dollar.

Rumor yg dihembuskan oleh situs BGR, disebutkan bahwa Microsoft dalam beberapa bulan kedepan (awal 2013) akan merilis smartphone dengan merknya sendiri (mungkin saja akan diberi nama Surface phone).

Bila rumor ini menjadi kenyataan, maka bisa berakibat bencana besar bagi Nokia yang telah menekan kontrak eksklusif dengan Microsoft untuk memakai Windows Phone di seri Lumia smartphone. Karena dengan Microsoft membuat smartphonenya sendiri maka sedikit banyak akan berpengaruh pada volume penjualan Nokia Lumia 920.

Memang Nokia bukanlah satu-satunya vendor yang membuat handset dengan OS Windows Phone 8 (ada HTC, Samsung, LG), tapi hanya Nokia-lah yg terbilang sangat serius menggarap WP8 dan menggantungkan semua harapannya untuk bangkit di WP8. Ini berbeda dengan vendor lain seperti HTC dan Samsung yg bisa dibilang hanya merangkul WP8 sebagai backup atau pelengkap dengan banyak tipe lain menjalankan OS Android.

Membuat smartphone dengan hardware dan merk sendiri sangat mungkin dilakukan Microsoft, apalagi hal serupa juga sudah dilakukan dengan rencana kehadiran tablet Surface (Windows 8 RT) yg secara logika juga bersaing head-to-head dengan partnernya seperti Acer, Lenovo, dll.

Surface Windows Phone 8
Gambar konsep Surface Phone (deviantART)

Disaat seperti ini, mungkin ini adalah waktu yang tepat bagi Nokia untuk menyesal dan mengutuki keputusannya lebih memilih Windows Phone ketimbang Android.

Satu komentar

  1. Hmm…….When U’r product comes to Asian,
    Thank You