Home > NComputing > Menggunakan IP address berbeda di setiap client NComputing

Menggunakan IP address berbeda di setiap client NComputing

Salah satu kelemahan menggunakan NComputing ialah setiap client Ncomputing yang digunakan akan memiliki IP address yang sama dengan IP address pada server NComputing kita.

Hal ini otomatis membatasi user dalam menggunakan beberapa program yang membutuhkan alamat IP berbeda seperti program IPMsg (IP based messaging), print control, software auditing dan program lain yang berbasis jaringan.

Supaya NComputing dapat menggunakan IP address yang berbeda satu dengan yang lainnya, maka kita harus terlebih dahulu menginstall program NComputing IP Utility yang disediakan gratis dengan mendownloadnya dari situs https://www.modularmerchant.com/clients/vspace_software.

Untuk mendownload dan memakainya anda terlebih dahulu harus mendaftar dan memilih software tersebut (NIU) pada alamat website diatas. Setelah itu anda menerima nomor key atau registrasi melalui E-mail beserta link download program tersebut (Bila program NIU tidak diregistrasi via internet maka program hanya akan berfungsi selama 30 hari).

Yang perlu diperhatikan, karena pemprosesan konfigurasi NIC ini dilakukan di Windows secara individual dan berurutan (sequential) maka semakin banyak client yang kita miliki akan menambah waktu booting server kita. Semntara untuk File Sharing di Windows akan tetap menggunakan pengaturan global.

System Requirement NIU:

  • Ncomputing Type X-series ataupun L-series
  • DHCP server
  • vSpace v4.4.2.2 atau yang lebih baru
  • Windows XP Professional atau Windows Server 2003
  • Sambungan Internet untuk registrasi software

Tutorial cara menginstall Ncomputing IP Utility:

Jalankan file instalasi “NiuInst.exe” lalu akan muncul EULA software, pilih I agree lalu tekan tombol Next untuk melanjutkan. Kemudian muncul layar window untuk memilih network card yang akan digunakan sebagai host, pilih yang sesuai dengan spesifikasi komputer anda.

Tutorial installasi NIU di Windows

Setelah itu muncul layar untuk menentukan jumlah IP address yang akan dialokasikan untuk perangkat NComputing anda (pilih sesuai kebutuhan)

Cara buat IP address berbeda di setiap client NComputing

Aplikasi NIU akan memproses pilihan anda, dan bila telah selesai akan meminta anda untuk memasukkan Activation Key program (bisa dilewati dan dilakukan lain kali), setelah selesai restart komputer anda

Install NComputing Ip address utilityScreenshot installasi NIU

Untuk cara penginstalan dan pemasangan NIU secara lengkap bisa dilihat dimanualnya. Semoga berguna.

Tampilan setelah installasi NIU:

Setting Ip address untuk setiap NcomputingNIU IP utility information

Sumber gambar: infoteknologi.com dan NIU User Guide Manual

32 komentar

  1. ‘met pagi … NComputing saya X550, yg sebelumnya saya gunakan di winxp prof dan gak pernah ada problem, tp sekarang OS. nya saya ganti dengan Win7 Ultimate 64Bit Original, kok susah saya setting, mohon pencerahannya !!! Thanks

  2. Saya mau tanya, kalau ingin membangun sebuah labkom dengan 24 client, bagaimana cara konfigurasi Ncomputing yang cocok untuk labkom tsb, (misalnya : apakah hanya perlu 1 server utk 24 client, 2 server utk setiap 12 client atau dipecah jadi 3 server utk setiap 8 client. Mohon pencerahannya

    • Kalau semua komputer akan dipakai secara bersama-sama sebaiknya dibuat 2 server saja. Tapi kalau Anda berencana memakai Windows XP sebagai servernya,maka jumlahnya harus 3 server.

  3. mas…,, ditempat kursus saya menggunakan NComputing L300, dengan 3 PC sebagai server. PC 1 dan PC 3 dipasangi 4 clent, PC 2 dipasangi 5 client jadi keseluruhan ada 13 client NComputing setiap PC dan Ncomputing terhubung dengan Swicth merk Air Live,, namun 2 dari 13 client sering mati dan muncul info pada monitor ” Cable Not Conected” dan bisa terconect kembali jika di Off dan di On ulang pada tombol power NC dan ga lama terputus kembali tapi ditest menggunakan lan tester ga ada masalah dengan kabel,, saya mohon pencerahan dari master2 networking tentang hal tersebut. terima kasih

    • Ada beberapa kemungkinan seperti masalah pada switch yang collision, kabel yang terganggu, atau device NComputing yang memang error.
      Coba saja pindahkan posisi (rolling) device Ncomputing ke server yang lain dan test apakah masih mengalaminya.

      Kalau masih putus, maka kemungkinan NC-nya yg rusak tapi kalau baik-baik saja dan malah terjadi masalah di NC yang sebelumnya baik-baik saja tapi dipindah posisi maka kemungkinan besar memang ada gangguan di kabel / switch.

  4. mohon bantuannya nih .. gimana caranya dari laptop melalui LAN kita pake salah satu user di ncomputing server.. makasih sebelumnya

  5. Selamat siang pa, mau nanya Setting IP Server (IP adress, Subnet mask, Default gateway) pada Windows 7 64 sp1 dan IP client pada ncomputing l230 gimana caranya? harus di isi angka berapa? mohon pencerahan, Terima Kasih

    • Kalau harus diisi dengan angka apa maka itu tergantung network yang anda buat.
      Contohnya anda bisa memakai ip address 192.200.9.xxx dengan subnet 255.255.255.0, sementara untuk gateway bisa diisi dengan ip address modem (bila berencana memakai akses internet)

  6. sy sudah beli 4 unit U170 tapi satupun belum bisa digunakan sebab setiap selesai instal,NComputtingnya ga bisa diregister padahal sy sudah coba pake 3 PC dengan spek yg berbeda.mohon bantuannya gan.
    thanks b4

  7. gw pake vSpace_U170_, udah beli 3 unit + monitor dan Keyboar, mouse, tp cuma bisa dipake 1 , karna baru dipasang 2 ajah udah ga bisa login, kayak ga kuat gitu..gimana yah ?

  8. mas….. cara download NIU-nya gimana? kok website dilink diatas itu ga ada tombol downloadnya? mohon bisa diberi link mirror yg lian. terimakasih

    • Anda perlu mendownload langsung dari 'modularmerchant', karena bila download selain dari situ anda tidak akan menerima serial number, dan NIU hanya berfungsi selama 30 hari.

      Cara download NIU cukup mudah kok gan, ikuti langkah berikut:
      – Klik Add to cart untuk item Full NIU License for One Computer dan Install Package for NComputing IP Utility
      – Klik tombol Checkout di bagian atas layar
      – Klik tulisan Create Account Check out and create a customer account
      – Kemudian akan diminta memasukkan data pribadi (isi aja bisa sembarang, tapi email harus benar)
      – lalu dibagian bawah setelah data anda diisi klik Complete your download order
      – Cek Email, anda akan menerima link download dan serial number untuk mengaktifkan NIU

  9. kalo untuk instalasi billing d ncomputing U170 tu carax gmn ya gan…??
    ap ad billing khususx….?
    mohon pencerahanx…
    mksh….

  10. dulu juga pakena second, cuman disekolah gak nyampe 6 bulan dah pada ancur, mana banyak bunyi jangkriknya diharddisk, beli second garansi 1 minggu, paling banter 1 bulan. kapok dah, mendingan beli yang jelas2 aja. yang baru dan bergaransi, dan yg paling penting hemat listrik. peace!

    oh ya, beli kompi second di mas herfandi garansinya berapa lama?

  11. >Untuk pertimbangan jangka panjang seperti biaya dan maintenance, memang NComputing lebih unggul

  12. @Herfandi: Wah mas Herfandi..ente kayaknya lupa soal bayar listrik, PC ngehang (pc 2nd), bising, panas, install banyak program tiap PC,dll yg ditimbulkan klo qta menggunakan PC second..secara kan 1 PC dayanya besar dibandingkan dengan NComputing yg hanya beberapa watt saja..so pemikirannya harus luas..jangan cuma mikirin murahnya saja..

  13. >SEMUA MERK YANG MENJUAL PRODUK HARDWARE THINCLIENT, HARGA JUALNYA TERLALU MAHAL.PADAHAL DENGAN KOMPUTER SECOND P3+MEM 256MB+LANCARD BOOTROM ATAU CD ROM SECOND, KITA DAPAT MEMBUAT KOMPUTER THIN CLIENT DENGAN HARGA BELI TIDAK LEBIH DARI 300RB.KOMPUTER YANG KITA RAKIT UNTUK THINCLIENT KUALITASNYA JAUH DIATAS PRODUK THINCLIENT. BAIK SOFTWARE MAUPUN HARDWARE.DENGAN BANTUAN SOFTWARE THINSTATION ATAU OPEN THINCLIENT + WINDOWS SERVER 2000 KE ATAS.NUMPANG JUALAN LISENSI TERMINAL SERVER WINDOWS SERVER,UNLIMITE USERLISENSINYA RESMI BRO,TIDAK AKAL-AKALAN.REGISTRASI VIA WEB MICROSOFTBISA DITESPH 021-71006445

  14. >@Anonim 1: Untuk Billing di warnet anda bisa coba gunakan BillingExplorer.- Biasanya bila salah satu hang, yang lain tidak akan hang. Kecuali server NC yang hang, semua akan hang.- Kecepatan dan respon sangat baik, sama seperti menggunakan PC biasa.@Anonim 2:- Sementara ini NIU versi terkini belum mendukung Win7.

  15. >Saya coba install NIU di Win 7 kok gak bisa,mohon bantuannya? n billing yg cocok untuk NComputing X550 pa?

  16. >kalo untuk warnet gimna dengan sistem billing, kecepatan akses dan bila salah satu hang yng lain apa ikut hang. terima kasih jika sudi menjawab

  17. >@Anonim Untuk bisa menjawab pertanyaan anda (saudari Rachma), ada beberapa hal yang perlu ditelusuri.– Apakah sistem anda sudah memenuhi syarat yang disebutkan diatas ?- Kalau sudah, apakah ada pesan error saat anda start up Windows?- Status Client NC di software VSpace anda terdeteksi atau tidak ?- Lalu apakah di jaringan anda masih tersedia Slot IP yang kosong?

  18. >Saya coba install NIU, tapi clientnya malah mati. Setelah proses instalasi, terus restart, yang jalan hanya administator atau servernya saja. Kenapa ya? Mohon bantuannya ya.Terima Kasih.Rachma

  19. >Bisa saja, tidak ada masalah.

  20. >Bro..Bisa tidak Ncomputing itu pasang photoshop 7.0.untuk tipe U atau LTerima kasih jawabannya

  21. >Sepertinya memang belum didukung, karena memang untuk Ncomputing U-170 dikeluarkan setelah software ini dirilis dan sampai saat ini belum ada update yang lebih baru.Tapi anda bisa mencobanya kalau ingin, dan kalau bisa konfirmasi lagi hasilnya kesini. Thx.

  22. >mas, kalau yg U170 support NIU gak ya?Karena di Requirement cuma ada Ncomputing Type X-series ataupun L-series.Terima kasihMaman

  23. >Setelah anda mendaftar di modular merchant Ncoumputing dan memilih NIU untuk dibeli(free), anda akan diberi link download NIU beserta activation code-nya melalui E-mail.Jadi yang perlu anda masukkan adalah activation key tersebut.

  24. >mas. .. untukregistrasi NIU gimana carane?waktu instal yang versi trial kan ada permintaan activation key, trus ntar pastinya akan muncul yg Get license.yang mo saya tanyain yang activation key itu nyarinya gimana mas? apa yg verification code waktu kita register di ncomputing (untuk download NIU)?