Home > Berita Teknologi > Mark Zuckerberg akan berutang pajak $1,5 Milyar setelah saham Facebook dijual

Mark Zuckerberg akan berutang pajak $1,5 Milyar setelah saham Facebook dijual

Foto Mark ZuckerbergRencana IPO Facebook pada tahun ini (sekitar bulan Mei) yang akan membuat Facebook sebagai perusahaan teknologi dengan nilai tertinggi untuk pertama kalinya ternyata berdampak kurang baik bagi sang pendiri Mark Zuckerberg.

IPO Facebook selain menambah jumlah kekayaan Mark Zuckerberg menjadi semakin kaya ternyata juga membuatnya harus membayar pajak yg cukup wah di tahun 2012. Diperkirakan Mark harus membayar sebesar US$1,5Milyar (atau sekitar 13,3 Triliun Rupiah).

Dikutip Info Teknologi dari BloombergPajak sebesar 35% akan dikenakan kepada Mark atas keuntungan yg ia peroleh dari hasil IPO berupa saham di Facebook yang diestimasi bernilai US$ 5 Milyar (44,6 Triliun Rupiah).

Untuk membayar pajak sebesar itu kemungkinan Mark Zuckerberg terpaksa menjual sebagian sahamnya di Facebook, dimana diberitakan bahwa ia tidak pernah menjual sahamnya semenjak Facebook didirikan di tahun 2005.

Pembaca Info Teknologi tidak perlu mengasihaninya karena selain Mark-Zuckerberg masih masuk menjadi daftar orang terkaya di dunia, menurut S-1 filling yang dikeluarkan Facebook; Mark mendapatkan total kompensasi di tahun 2011 sebesar US$1.487.362 yang terdiri dari gaji $483.333, bonus sebesar $220,500 dan juga kompensasi lain sebesar $783.529.