Google+ jejaring sosial baru penantang Facebook

Google+ adalah jejaring sosial baru buatan Google yang diumumkan hari ini melalui googleblog sekaligus menjadi penantang baru Facebook setelah sebelumnya gagal dengan Buzz dan Orkut.

Google+ lahir karena Google merasa meskipun hubungan antar individu semakin intens melalui interaksi online, tapi keharmonisan dan subtansinya didunia nyata hilang karena sifat kaku dari jejaring sosial.

Info Teknologi yakin nasib Google+ akan berbeda dari layanan jejaring sosial buatan Google sebelumnya seperti Buzz dan Orkut yang mati ditengah jalan.

Karena Google+ menawarkan apa yang dibutuhkan oleh user (+You), serta integrasi fitur yang baik dengan akun Google secara keseluruhan.

Google + Screenshot

Dan Google+ diharapkan dapat membawa nuansa dan keragaman baru dalam dunia jejaring sosial, dengan cara mengikutsertakan relasi dan minat para pengguna Google.

Saat ini meski menjanjikan banyak fitur di Google Plus, baru 4 fitur yang diperkenalkan yaitu:

+Circles: bagikan yang penting, hanya ke orang yang anda anggap penting

+Circles membuat user terhubung ke teman-teman dengan cara membuat group dari orang yang dikenal. User membuat circle baru, menambahkan kontak kedalamnya, lalu men-share apapun hanya ke orang yang telah dipilih.

Fitur Circles di Google+ mirip dengan fitur Friend list di Facebook, namun perbedaan mendasarnya adalah tanpa batas, kita bisa menambahkan orang lain ke circle meskipun dia bukan pengguna Google+, cukup melalui alamat email saja.

+Sparks: diskusikan topik yang anda suka

+Sparks merupakan fitur yang menampilkan berita, video, foto ataupun artikel yang disukai sesuai topik yang dipilih. Pengguna Sparks lebih lanjut dapat mesdikusikan topik tersebut dengan orang yang memiliki minat sama.

Sparks berbeda dengan situs artikel kenamaan macam digg, reddit, atau Lintas Berita yang isinya ditambahkan oleh orang. Di Sparks konten yang ditampilkan adalah hasil dari perhitungan algoritma Google yang kompleks sehingga pengguna selalu mendapatkan artikel yang relevan dan up-to-date.

+Hangouts: mampir dan ucapkan salam ke teman anda, secara langsung

+Hangouts didesain untuk mensimulasikan gathering dengan orang lain melalui video chat sampai maksimal 10 orang, ide dasarnya mirip interaksi saat di berkumpul di restoran, sekolah, ataupun tempat nongkrong dimana kita diberi kebebasan untuk datang dan pergi.

+Mobile: bagikan yang anda lihat, saat ini, tanpa perlu repot

Google menyadari dimasa sekarang ini semuanya adalah mengenai mobile gadget, maka dibuatlah +Mobile yang mengakomodasi pengguna mobile. Ada 3 bagian utama dalam +Mobile:

  1. +Location, membagikan lokasi pengguna berada disetiap posting yg dibuat.
  2. +Instant Upload, secara otomatis mengupload foto yang diambil di gadget / handphone ke album foto privat yang ada di server Google.
  3. +Huddle, mirip BBM Group dimana pengguna berinteraksi dengan teman-teman yg dipilih.


Google +Mobile sudah dapat didownload di Android Market dan segera hadir di App Store.

Sayangnya Google+ belum tersedia untuk umum dan hanya orang tertentu saja yang bisa mencobanya, karena saat ini Google Plus masih dalam tahap beta (percobaan) . Bila anda berminat untuk mendaftar sebagai beta tester dapat mengunjungi situs Google Plus

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)